Peranan Mangrove dalam Mengatasi Dampak Perubahan Ikim Global

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Puluhan email yang masuk ke KeSEMaT, juga seringkali menanyakan mengenai apakah peranan mangrove dalam mengatasi dampak perubahan iklim global. Untuk mengetahui apakah peranan mangrove dalam mengatasi dampak perubahan iklim global, kita bisa mengidentifikasinya sendiri dengan cara mencermati beberapa gejala alam yang diakibatkan oleh perubahan iklim global, kemudian mulai menghubungkannya dengan fungsi mangrove dalam mengatasi dan atau menanggulangi dampak akibat perubahan iklim global, tersebut.

Salah satu dampak dari perubahan iklim global adalah terjadinya pemanasan global, yaitu meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer. Pemanasan global akan diikuti dengan perubahan iklim, seperti meningkatnya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan, di belahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan oleh kenaikan suhu.

Iklim adalah rataan dan variasi dari cuaca dalam suatu tempat selama periode waktu yang panjang mencapai puluhan tahun, sehingga menciptakan suatu kisaran bagi setiap unsur cuaca. Misalnya di daerah tropis, rerata suhu pada ketinggian di atas permukaan laut adalah 5 m, dan umumnya tidak akan melebihi kisaran suhu antara 22-34 derajat celsius. Hal ini juga terjadi untuk curah hujan, kelembaban, dan sebagainya.

Sedangkan cuaca adalah keadaan atmosfer pada periode yang lebih pendek hingga harian pada satu waktu dan daerah tertentu. Cuaca merupakan turunan dari unsurnya yaitu penerimaan radiasi matahari, lama penyinaran matahari, suhu udara, tekanan, kecepatan angin dan arah angin. Cuaca pada kehidupan sehari-hari, umumnya dibaca melalui kelembaban dan suhu.

Di bawah ini adalah contoh perubahan iklim global, dampaknya dan fungsi mangrove dalam mengatasi dampak akibat perubahan iklim global tersebut.

1. Musim.
Perubahan musim, bisa berakibat pada terjadinya Efek Rumah Kaca. GRK adalah gas yang pada saat terakumulasi di atmosfer dan menciptakan selubung kemudian menimbulkan gangguan pada pelepasan panas dari bumi ke luar lapisan atmosfer. Gas yang memungkinkan untuk hal tersebut terjadi adalah Karbondioksida (CO2), Metana (CH4), Nitrogen oksida (N2O), Hidrofluorokarbon (HFCs), Perfluorokarbon (PFCs), dan Sulfur hexafluoride (SF6). Peranan mangrove dalam mengatasi keadaan ini adalah sebagai penyerap karbon.

2. Kenaikan muka air laut
Kenaikan air laut bisa berakibat pada terjadinya abrasi. Fungsi mangrove dalam hal ini adalah sebagai penahan abrasi. Tiga buah spesies mangrove penting, jenis Rhizophora, yaitu R. mucronata, R. apiculata dan R. stylosa memiliki peran besar dalam pengendalian laju abrasi di kawasan pesisir pantai. Akar-akarnya yang tertancap kuat ke tanah, mampu menahan derasnya arus laut sehingga tanah pesisir terlindungi dari terjangan gelombang dahsyat penyebab abrasi.

3. Temperatur
Temperatur yang tinggi yang terjadi akibat dari perubahan iklim global, mampu diminimalisir oleh mangrove karena peranannya sebagai penyeimbang ekosistem di wilayah pesisir.

4. Curah hujan tinggi
Curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan terjadinya topan dan badai. Dalam hal ini, fungsi mangrove adalah sebagai peminimalisisr dampak dari topan dan badai tersebut, dimana tegakan mangrove yang tebal dan lebat di kawasan pesisir pantai, mampu melindungi pertambakan, pemukiman dan bangunan-bangunan lain yang terdapat di belakangnya.

5. Tsunami
Tsunami yang terjadi akibat dari gempa tektonik di bawah laut, gelombangnya mampu direduksi oleh tegakan mangrove sehingga pada saat menerjang bangunan-bangunan di pesisir, kekuatan gelombang bisa diminimalisir. Dengan demikian, dampak kerusakan yang diakibatkan dari gelombang tsunami mampu diredam.

Demikian, sedikit informasi mengenai peranan mangrove dalam mengatasi dampak perubahan ikim global, yang disarikan dari berbagai sumber. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita. Salam MANGROVER!

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s