Antusiasme Jelang Mangrove REpLaNT 2009

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Melalui salah satu Jaringan KeSEMaTONLINE, yaitu KeSEMaTFACEBOOK, Rekan-rekan kami yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, sudah mulai menanyakan kepada kami, kapankah KeSEMaT mulai membuka pendaftaran program konservasi mangrove tahunannya, bertajuk Mangrove REpLaNT (MR) 2009 (?). Kiranya, mereka sudah tak sabar lagi, untuk segera mendaftar dan bergabung kembali bersama kami, dalam usaha gerakan moral penyelamatan ekosistem mangrove di Desa Teluk Awur Jepara dan sekitarnya, dari kepunahannya di masa mendatang.

MR memang sangat fenomenal. Semenjak program konservasi mangrove ini di-release oleh KeSEMaT di tahun 2003, penyelenggaraannya selalu saja menyedot perhatian ratusan orang untuk mengikutinya. Tak hanya dari Jepara, Semarang dan sekitarnya, Peserta MR adalah dari seluruh daerah di Indonesia. Dengan demikian, maka setiap kali MR dilaksanakan, MR bagaikan sebuah ajang pertukaran budaya antar suku se-Indonesia, saja. Selanjutnya, pencapaian KeSEMaT sebagai peraih ADHI BAKTI 2007 sebagai LSM Insan Peduli Pesisir-pun, salah satunya adalah juga berkat MR, pula.

Informasi lainnya mengenai MR, kiranya tak perlu lagi kami tulis dalam artikel kali ini, mengingat puluhan artikel tentang MR sudah seringkali berwara-wiri di Jaringan KeSEMaTONLINE.

Ada sebuah cerita baru seputar MR, yang sangat unik. Belum juga KeSEMaT mengumumkan pembukaan pendaftaran MR 2009 yang akan baru mulai dibuka pada tanggal 18 Juni 2009, namun puluhan pelajar dan mahasiswa di Semarang, sudah berdatangan ke Kantor KeSEMaT untuk memesan Tiket MR 2009. Pada saat kami tanyakan mengenai alasan mereka berbuat demikian, jawaban mereka umumnya hampir sama, yaitu tak mau lagi kehabisan kuota seperti pada saat pendaftaran MR 2008 dan Mangrove Cultivation (MC) 2009.

Memang, di bulan Juli 2008 dan Maret 2009, secara berturut-turut KeSEMaT dengan sangat berat hati, telah menolak puluhan peserta MR 2008 dan MC 2009, karena kuota peserta di kedua program konservasi mangrove tahunan KeSEMaT tersebut, telah terpenuhi.

Antusiasme para kawula muda menyambut MR 2009, tentunya adalah sebuah hal yang sungguh menggembirakan. Lihatlah beberapa pendapat mereka yang disampaikan dalam KeSEMaTFACEBOOK, seperti di bawah ini:

1.“Kemarin waktu MC 2009 nggak kehabisan tiket jadi nggak bisa ikut, deh. Hu..hu..MR 2009 pokoknya, harus dapat tiketnya!”
2.“Aku gabung lagi, ya. MR 2009 wait for me. Thanks KeSEMaT.”
3.“Harus diundang lagi di MR 2009! Nanti kami berombongan lagi ke KeSEMaT-nya. Bravo KeSEMaT. Bravo Mangrove. Luv mangroveku!
4.Kapan sih pendaftaran MR 2009? Aku n temenq mo daftar mesen dulu boleh kan? Tkut keabisan lgi…
5.“Hi KeSEMaT. Daftar MR 2009 kapan? Booking tempat, ya? 5 orang..Thanks salam MANGROVER!

Dan masih banyak lagi, pesan singkat yang masuk pada inbox KeSEMaTFACEBOOOK bernada serupa.

Kepada Rekan-rekan dan masyarakat yang telah menyatakan kesediannya untuk berpartisipasi secara aktif-kembali di MR 2009, kami mengucapkan banyak terima kasih, seraya berharap akan ada perbaikan kondisi mangrove kita di masa mendatang, berkat perjuangan kita bersama yang tak pernah kenal menyerah dalam menyelamatkan ekosistem ini, di setiap saat-setiap waktunya.

Sebagai penutup sekaligus sebuah informasi bagi Anda, bahwa pendaftaran MR 2009 akan mulai dibuka pada tanggal 18 Juni 2009 hingga kurang lebih satu bulan ke depan. Selengkapnya, silahkan berkunjung ke KeSEMaTONLINE pada tanggal yang disebutkan. Kami tunggu partisipasi Anda. Mari bersama menyelamatkan mangrove kita. SEKARANG. Salam MANGROVER!

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s