Pentingnya bedeng persemaian mangrove

Di samping ini adalah foto bedeng persemaian benih mangrove milik KeSEMaT. Bedeng-bedeng seperti ini diperlukan untuk membibitkan biji-biji buah mangrove agar siap ditanam di lapangan. Proses pembibitan mangrove sangat diperlukan, karena menurut penelitian, kelulushidupan mangrove yang melalui tahap pembibitan adalah lebih besar daripada yang tidak melewati tahap ini.

Selama kurun waktu 2003 – 2006 (sampai dengan Juli 2006), KeSEMaT telah berhasil membangun dua buah BPM-nya. BPM pertama dibangun pada bulan September 2002 dan BPM kedua pada bulan Januari 2006.

Seperti diketahui, bahwa BPM sangat berguna untuk menyemaikan benih mangrove selama tiga bulan, hingga menjadi bibit dan siap ditanam di lapangan pada saat Mangrove REpLaNT (MR), yaitu acara penyuluhan dan penanaman mangrove.

Kondisi BPM pertama sampai dengan Juli 2006 sudah rusak dan telah lapuk oleh tanah. Sedangkan BPM kedua yang mulai dibangun pada bulan Januari 2006 (saat acara Mangrove Cultivation 2006), hingga Juli 2006, kondisinya masih baik namun atapnya sudah rusak karena pada awal pembangunan hanya menggunakan penutup plastik.

Seperti telah diketahui, bahwa BPM kedua adalah sumber bibit bagi acara MR 2006 yang sukses dilaksanakan pada tanggal 24-25 Juni 2006, kemarin.

Berita terbaru, kondisi BPM kedua, telah diperbaharui pada tanggal 26 – 28 Januari 2007 pada acara Mangrove Cultivation (MC) 2007, dengan cara menutup atapnya menggunakan ranting dan dahan mangrove yang telah kering untuk persiapan MR 2007. BPM diisi dengan spesies Rhizophopra mucronata, R. apiculata, Ceriops decandra, C. tagal dan Bruguiera stylosa. Bibit keseluruhan berjumlah kurang lebih 2000 benih.

Hingga pertengahan Maret 2007, kondisi bedeng dan bibit masih baik. Kelulushidupan bibit hasil MC 2007 mencapai 90%. Kalaupun ada yang mati, Anak-anak KeSEMaT yang ada di Teluk Awur Jepara, memiliki program penyulaman bibit yang mati lewat program KeSEMaT Goes To Arboretum (KGTA).

Bagi yang berminat untuk ikut serta memperbaiki dan mendukung perbaikan BPM KeSEMaT, silahkan menghubungi KeSEMaT di emailnya kesemat@yahoo.com.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s