Sulitnya mencari sponsor untuk kegiatan mangrove

Saya tidak main-main memilih judul ini. Memang sulit. Bahkan sangat sulit untuk mencari sponsor kegiatan mangrove kami. Padahal di Semarang, Jepara dan sekitarnya, ada ratusan perusahaan yang letaknya di pesisir pantai. Bagaikan mencari jarum di atas tumpukan jerami! Entah ada apa dengan perusahaan-perusahaan itu? Sudah puluhan proposal mangrove yang kami tawarkan ke mereka, namun tak satupun yang tembus alias diterima. Mau tahu alasannya? Mereka menganggap, kegiatan penyuluhan, pembibitan dan penanaman mangrove kami sangat tidak komersil dan tidak mendatangkan keuntungan (baca: uang) bagi mereka.

Mereka mau menerima proposal kami, asalkan kami mau merubah acara kami menjadi acara anak muda terkini seperti pementasan musik, lomba dance atau apalah. Pokoknya, yang bisa mendatangkan banyak uang. Astaghfirullah!

Sayang sekali. Apakah perusahaan-perusahaan itu tidak berpikir, kemanakah limbah mereka dibuang. Apakah mereka tidak sadar, limbah-limbah mereka telah menyakiti mangrove dan bisa membawa dampak buruk bagi kehidupan manusia. Apakah mereka tidak melihat, kalau tidak ada mangrove, limbah mereka tak bisa ternetralisir dan bisa berbahaya bagi manusia. Mereka bisa dimejahijaukan karena kelalaian mereka. Mungkin kalau sudah ada korban, barulah mereka terbuka mata dan pikirannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s