Tanamkan cinta mangrove sejak dini

Foto ini diambil tahun 2003, pada saat Anak-anak KeSEMaT mengadakan penyuluhan dan sosialisasi Mangrove REpLaNT 2003. Sekitar enam buah SD dan MI di sekitar Teluk Awur Jepara, menjadi sasaran kami dalam memperkenalkan ekosistem mangrove ke generasi penerus bangsa tersebut. Setelah foto ini dipublikasikan di KeSEMaT BLOG, banyak pertanyaan yang masuk ke email KeSEMaT (kesemat@yahoo.com), yang menanyakan untuk apa kami mengadakan sosialisasi ke murid-murid SD, toh mereka juga belum banyak mengerti tentang ekosistem mangrove tersebut. Dimana sisi edukasinya. Apa tidak salah sasaran? Bagaimana teknis pengenalannya?

Justru dengan memperkenalkan mangrove ke siswa SD/MI, proses pengenalan terhadap mangrove akan lebih mudah karena anak-anak bisa dengan cepat menangkap sebuah pengetahuan baru. Pemahaman mangrove semenjak dini, sangat penting untuk menciptakan masyarakat Teluk Awur yang sadar mangrove di masa mendatang.

Lalu bagamana teknis pengenalannya? Kami membagikan beberapa buah stiker bergambar Mat Kesem (tokohh kartun KeSEMaT) yang bertuliskan ajakan untuk menanam mangrove. Kemudian, kami juga menggambar buah, daun, dan bagian-bagian mangrove lainnya di papan tulis dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada mereka di sela-sela penyuluhan.

Di tengah-tengah sulitnya mensosialisasikan mangrove kepada generasi tua Teluk Awur, semoga upaya kami ini bisa membuahkan hasil. Semoga saja, sepuluh tahun dari sekarang, akan lahir masyarakat yang sadar dan peduli mangrove di Teluk Awur Jepara tercinta ini. Amin.

Selanjutnya, kami juga berharap, semoga kegiatan kami ini bisa menginspirasi rekan-rekan muda kami, di seluruh Indonesia bahkan dunia untuk terus bekerja dan menyelamatkan ekosistem mangrove di muka bumi ini. Selamatkan mangrove, sekarang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s