Berita Mangrove REpLaNT 2007

Pada tanggal 20 – 22 Juli 2007, KeSEMaT sukses menyelenggarakan acara tahunannya bertajuk Mangrove REpLaNT (MR) 2007: Seminar, Pelatihan, Penyuluhan dan Penanaman Mangrove. Acara pembukaan dilakukan di Aula Kampus Ilmu Kelautan (IK) UNDIP Jepara dan dibuka oleh Wakil Bupati Jepara, A. H. Marzuqi. Acara tahunan ini, dipusatkan di Teluk Awur Jepara dan terdiri dari berbagai macam kegiatan. Pada sesi seminar, MR menampilkan Seminar Nasional, bertema Nuklir dan Lingkungan yang menghadirkan tiga pembicara yaitu Dr. Lilo Sunaryo (LSM MAREM), Dr. Ferhat Aziz (BATAN) dan Dr. Muhammad Nur, DEA (Praktisi Nuklir UNDIP).

Sementara itu, di sesi Kuliner Mangrove, MR menghadirkan Ibu-ibu dari LPP Mangrove Jakarta yang memberikan pelatihan kepada peserta tentang tata cara pengolahan penganan dari buah-buah mangrove (Avicennia, Sonneratia dan Bruguiera).

Mangrove Training, sebuah sesi pelatihan ekosistem mangrove, menampilkan Sapto Pamungkas (MENPORSI) dan Aris Hantoro (staf MENDIKTAN) sebagai pembicara, yang menjelaskan mengenai metode transek mangrove kepada para peserta. Selanjutnya, penyuluhan pengenalan ekosistem mangrove menghadirkan Aris Priyono (DK), Arief Marsudi Harjo (DP) dan Agus Susanto (MENDIKTAN).

Sesi penanaman mangrove, dilakukan pada hari Minggu, 22 Juli 2007. Acara dibuka oleh Ir. Achid, dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jepara. Setelah itu, peserta dan panitia yang kurang lebih berjumlah dua ratus orang dibagi ke dalam dua kelompok yang masing-masing menanam di dua lokasi yang berbeda, yaitu di samping asrama mahasiswa IK dan Arboretum KeSEMaT. Bibit yang ditanam di dua lokasi tersebut adalah dari jenis Rhizophora mucronata dan Ceriops tagal, sebanyak kurang lebih 1500 bibit. Bibit yang ditanam di MR adalah hasil dari Mangrove Cultivation 2007 dan bantuan dari BAPEDAL Jateng.

MR 2007 diikuti kurang lebih dua ratus peserta dan panitia yang terdiri dari banyak instansi dan organisasi seperti (1) Instansi: UNDIP, DISHUTBUN Jepara, PERHUTANI Jepara, BATAN Jakarta, LSM MAREM, LPP Mangrove Bogor, Polres Jepara, Wakil Bupati, FLNP Jepara, Satpol PP dan Polsek Jepara. (2) Akademisi dan organisasi: FPIK UNDIP, MAPATEKSI, MAHAPALA, STOPHIVa, MSP UNDIP, PETERNAKAN UNDIP, SEJARAH UNDIP, MAPADOKS, TI UNDIP, SIPIL UNDIP, EKONOMI UNDIP, PALAKA UNDIP, UNNES, FKM UNDIP, FISIP UNDIP, PERIKANAN UNDIP, KELAUTAN UNDIP, HUKUM UNDIP, STIEKUBANK, BIOLOGI UNDIP, STATISTIK UNDIP, PSIKOLOGI UNDIP, KSR UNDIP, UKSA 387 UNDIP, MDC UNDIP, ARSITEKTUR UNDIP, HMIK, SASTRA UNDIP dan SMA 1 Jepara. (3) Pers: Manunggal UNDIP, BP2M UNNES, PRO TV dan KOMPASS UNISBANK. Seluruh rangkaian acara MR 2007 ditutup pada hari Minggu, 22 Juli 2007 pukul 15.00 WIB, dengan ramah tamah dan pembagian sertifikat kepada peserta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s