Kalau bukan kita, siapa lagi? Ayo ambil, tanam dan pelihara mangrove kita!

Lihatlah foto di samping ini. Inilah 200 orang MANGROVER MUDA dari berbagai SMA dan perguruan tinggi di Jepara dan Semarang. Mereka bergabung bersama dalam program Mangrove REpLaNT (MR) 2007 yang diinisiasi KeSEMaT (20 – 22 Juli 2007), untuk menyelamatkan pantai Teluk Awur Jepara dari abrasi. Lihatlah di tangan mereka. Masing-masing tangan mungil itu, membawa dua sampai tiga buah “bayi-bayi” mangrove berusia tiga bulanan, yang masih terbungkus rapi plastik polybag yang membungkus akarnya.

Anak-anak muda berusia rata-rata 20-an ini sadar bahwa setiap bayi mangrove yang hendak mereka tanam, akan menjadi tempat hidup dan bersandar bagi jutaan makhluk hidup lainnya. Satu saja, pohon mangrove yang berhasil hidup dari hasil penanaman mereka, berarti mereka telah berjasa “menghidupkan” jutaan nyawa.

Tanpa dibayar, mereka tulus melakukan ini semua. Betapa berjasanya mereka, mereka telah memberikan hak hidup bagi bayi-bayi mangrove itu dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk hidup, dan menjalankan fungsi dan manfaatnya bagi kehidupan umat manusia di bumi ini.

Apakah Anda ingin melakukan hal yang sama seperti mereka, sehingga Anda akan memiliki kontribusi yang nyata bagi lingkungan dan mangrove Anda? Caranya gampang. Tanpa mengikuti MR-pun, Anda bisa berkontribusi. Caranya mudah. Apabila Anda sedang pergi berjalan-jalan di pesisir pantai, dan kebetulan menemukan buah mangrove-panjang (propagul), coba lakukan hal sederhana berikut ini:

Ambil
Ambil dan pilih propagul yang matang, dicirikan dengan adanya lingkaran cincin berwarna kuning, di bagian bawah buahnya (bagian paling atas, berwarna coklat).

Tanam

Bukalah buahnya, lalu tanmlah dua pertiga bagian propagul ke tanah. Pastikan propagul tertanam dengan baik. Kalau ada potongan bambu dan rafia, tanamlah bambu (ajir) di samping propagul, lalu ikat dengan tali rafia. Cara ini lebih baik untuk melindungi mangrove Anda dari gelombang yang sewaktu-waktu bisa merobohkannya.

Pelihara

Jangan lupa pelihara mangrove Anda, dengan cara kembali lagi ke pesisir, untuk sekedar melihat perkembangannya. Lakukan ini, minimal selama 3 bulan, setelah Anda selesai menanamnya. Pastikan, mangrove Anda dalam keadaan baik.

Dengan tiga langkah ini, Anda telah menyelamatkan mangrove. Biarkan mangrove hidup dan menjalankan fungsinya dengan baik. Selamatkan mangrove kita. SEKARANG! Kalau bukan kita yang peduli dengan mangrove, mau siapa lagi?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s