Rela tak nongkrong di mall, demi mangrove

Kalau jiwa konservasi-mangrove sudah dengan sangat baik tertanam di dalam lubuk hati kita, apapun akan kita lakukan demi tumbuhan pesisir itu. Termasuk menyeberangi sungai yang dalam, pada saat cuaca sangat terik, seperti yang terlihat pada foto di samping ini. Dengan membawa sebuah semangat dan dua buah tekad baja, puluhan pemuda-pemudi ini, tak ragu lagi, berniat menanam ribuan bayi-bayi mangrove.

Padahal, di jam-jam segini (sekitar pukul 2 siang), hal yang paling enak untuk dilakukan apalagi kalau bukan tidur di ranjang, atau nongkrong di café sebuah mall, sambil minum es lemon tea yang terkenal sangat segar itu.

Tapi itu tidak dilakukan oleh para MANGROVER ini. Lihatlah mereka. Siang itu, mereka berani merelakan waktu tidur dan es lemon-teanya hanya demi menyelamatkan tumbuhan pesisir, yang kata sebagian orang tak bermanfaat dan tanpa guna. Tentu saja, (1) terjerembab dalam lumpur, (2) digigit nyamuk mangrove yang ganas, (3) tertusuk pecahan kaca (baca: beling), (4) tertusuk duri Acanthus ilicifolius, (5) tertusuk pecahan karang, (6) digerayangi cacing pipih alias polychaeta (baca: poliket), (7) menginjak lintah, (8) tertusuk ajir, (9) bertemu ular wideng (ular pemakan kepiting wideng (Episesarma), (10) tertusuk akar Avicennia spp, (11) tersengat matahari, (12) bertemu kotoran manusia dan sampah membusuk, tak mereka hiraukan lagi.

Tak banyak yang ingin saya sampaikan. Semoga kenyataan ini bisa membuka mata dan hati Anda, bahwa di luar sana masih ada banyak manusia yang berhati mulia, yang sangat concern dengan mangrove. Saya harap Anda bisa bergabung dengan mereka. Kalaupun tidak, merasa termotivasi dan terinspirasi karena “ulah” mereka, saya kira sudah cukup baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s