KeSEMaThursday: ilmu mangrove berkualitas nan murah meriah

Untuk mendapatkan ilmu mangrove yang berkualitas, Anda tak perlu repot-repot mengikuti Seminar Nasional yang katanya bergengsi dan berkualitas, itu. Demi mencari pengetahuan mangrove yang bermutu, Anda juga tak perlu membayar dengan harga yang mahal. Untuk mengetahui bagaimana tata cara penanaman dan pembibitan mangrove yang benar, Anda tinggal datang saja di sebuah event kecil nan bersahaja bernama KeSEMaThursday. Sejak tahun 2003 sampai dengan sekarang (2008), KeSEMaT selalu mengadakan KeSEMaThursday mulai pukul 16.30 WIB – 18.00 WIB, di Kantornya Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah.

Berbagai topik mengenai mangrove telah dibahas, diantaranya tentang pengenalan spesies mangrove, makrobentos mangrove, plankton, diatom, struktur komunitas mangrove, gugur serasah, teknik penanaman, teknik pembibitan, dan lain-lain. Empat edisi terakhir KeSEMaThursday, selama bulan Januari – Februari 2008 ini, telah membahas tentang makrobentos mangrove, penggunaan SIG untuk mendata populasi mangrove, pengenalan spesies mangrove dan pembibitan mangrove.

Siapa pembicaranya? Adalah para KeSEMaTERS, yang telah melakukan penelitian dibidangnya masing-masing. Pun, materi yang dibawakan, tak hanya dalam urusan riset saja, melainkan juga berbagai hal tentang kebijakan mangrove yang telah mereka dapatkan selama bekerja di KeSEMaT. Lalu, siapa pesertanya? Tak lain dan tak bukan adalah masyarakat umum yang bersedia dan tertarik mengikuti seminar kecil bertema mangrove ini. Semuanya gratis dan tak ada syarat tertentu. Siapapun Anda dan dengan latar belakang apapun, bisa datang dan bergabung dengan para KeSEMaTERS di KeSEMaThursday?

Selanjutnya, KeSEMaThursday dikonsep sebagai seminar kecil yang mendatangkan satu dan atau beberapa pemateri yang dipandu oleh seorang moderator. Masing-masing pemateri diberikan waktu presentasi sekitar sepuluh sampai dengan lima belas menit untuk kemudian memasuki sesi diskusi yang masing-masing terbagi menjadi dua sampai tiga termin. Masing-masing termin, terbagi menjadi dua sampai tiga pertanyaan. Apabila Anda kurang jelas mengenai satu tema tertentu, Anda tinggal bertanya kepada pemateri. KeSEMaThursday juga akan membagikan beberapa buah ringkasan materi yang bisa Anda bawa pulang.

Memang, tak diperlukan banyak rupiah untuk mendapatkan ilmu mangrove yang berkualitas. Dengan “harga” yang murah meriah, Anda bisa mendapatkan semuanya di KeSEMaThursday. Asalkan Anda memiliki minat dan keinginan yang kuat untuk mengetahui mangrove secara lebih mendalam, kami persilahkan Anda untuk datang ke Kantor KeSEMaT setiap Kamis sore. Kami tunggu, ya.

Iklan

2 thoughts on “KeSEMaThursday: ilmu mangrove berkualitas nan murah meriah

  1. Salut..!! Memang benar, tidak semua ilmu harus didapatkan dengan cara yang susah dan mahal. Bahkan beberapa ilmu bisa didapatkan dengan cara yang murah, mudah dan menyenangkan. Mari kita jadikan bumi lebih sejuk dan hijau..!! Salam Mangrover..!!

  2. Ping-balik: Kenapa mangrove tak tumbuh di Pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa? « KeSEMaTWORDPRESS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s