Berita-berita Mangrove Training 2008

Semarang – Jawa Tengah. Pada tanggal 5 Mei 2008, KeSEMaT menyelenggarakan Seminar Mangrove Training 2008 di Ruang Seminar Jurusan Ilmu Kelautan (JIK) Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang. Seminar dimulai pada pukul 09.30 WIB sampai dengan 14.00 WIB. Seminar menghadirkan lima orang pembicara yaitu Arief Marsudi Harjo (Struktur Komunitas Mangrove), Sapto Pamungkas (Pengenalan Jenis Mangrove), Dr. Rudhi Pribadi (Potensi Ekonomi Mangrove), Muhamad Ikhsan S. H. (Metode Rehabilitasi Mangrove), dan Tatang Nurhidayat (Sistem Informasi Geografis).

Acara dibuka oleh Sekretaris JIK dan dihadiri 30 orang peserta dan panitia yang terdiri dari KeSEMaTERS, perwakilan BEM, Arsitek dan MIPA UNDIP. Seminar MT 2008 akan dirangkai dengan pelatihan penelitian struktur komunitas mangrove, yang akan diadakan pada tanggal 10 – 11 Mei 2008 di Desa Pasar Banggi Rembang, Jawa Tengah.

Selanjutnya, pada tanggal 10 – 11 Mei 2008, KeSEMaT menyelenggarakan Pelatihan Penelitian Struktur Komunitas Mangrove, untuk melengkapi rangkaian acara Mangrove Training (MT) 2008 di Desa Pasar Banggi Rembang, Jawa Tengah. Pelatihan difokuskan kepada pelatihan penelitian stuktur komunitas mangrove dengan cara melakukan sampling lapangan untuk mengukur jumlah, diameter dan ketinggian semaian (seedling), anakan (sapling) dan pohon (tree) mangrove. Selain itu, dilakukan pula pengukuran terhadap parameter lingkungan seperti suhu, pH, salinitas dan jenis sedimen.

Pelatihan MT 2008, dibimbing oleh Bapak Suyadi (Ketua Kelompok Tani Pasar Banggi) dan dua orang praktisi mangrove dari KeSEMaT yaitu Muhamad Ikhsan Sri Hartadi (DP) dan Agus Susanto (Alumni). Pelatihan diikuti 18 orang peserta yang terdiri dari KeSEMaTERS, mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan dan MIPA UNDIP.

MT 2008 dibagi menjadi tiga buah kegiatan yaitu (1) sarasehan mangrove, (2) sampling lapangan dan (3) analisa data. Poin (1) dan (2) diselenggarakan pada tanggal 10 Mei 2008 dan poin (3) diadakan pada tanggal 11 Mei 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s