Pendaftaran Mangrove Conservation 2008 telah dibuka!

Semarang, Jawa Tengah. Setelah Mangrove REpLaNT (MR) 2008 dan Mangrove Restoration (MANGRES) 2008, KeSEMaT akan kembali mengadakan program mangrovenya yang lain, bertajuk Mangrove Conservation (MANGCON) 2008: Pengajaran dan Penanaman Mangrove dan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengertian, penjelasan, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove sekaligus sebagai sebuah gerakan cinta laut kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membersihkan pantai di pesisir Genuk, Semarang. Rangkaian MANGCON 2008 telah dilaksanakan selama bulan Juli dan awal Agustus 2008 berupa sosialisasi dan pengajaran tentang ekosistem mangrove dan pengelolaan sampah di sekolah-sekolah pesisir di Semarang (SMK 10 Perkapalan, SMA Sultan Agung, SMK Texmaco, SMA Al Fattah dan SMA Perdana), dan acara inti berupa bersih pantai dan penanaman mangrove akan dilaksanakan di SMA Sultan Agung pada tanggal 9 Agustus 2008.

Acara bersih pantai dan penanaman mangrove akan diikuti oleh semua elemen masyarakat se-Semarang dan direncanakan akan dibuka secara langsung oleh Walikota Semarang. MANGCON 2008 – GBPL adalah hasil kerjasama antara KeSEMaT, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kota Semarang dan LSM BINTARI.

Syarat dan Ketentuan
Sehubungan dengan pelaksanaan MANGCON 2008, dengan ini, KeSEMaT memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk bergabung dengan KeSEMaT sebagai volunteer (sukarelawan), di acara ini. Sukarelawan akan diterjunkan ke lapangan dan mengikuti keseluruhan rangkaian acara MANGCON 2008. Sukarelawan akan mulai terlibat pada saat (1) pendistribusian bibit, (2) pengajaran ke sekolah-sekolah, (3) penanaman bibit dan (4) penyulaman bibit mangrove.

Fasilitas dan Syarat Pengambilan Sertifikat
Peserta MANGCON 2008 tidak dipungut biaya apapun (GRATIS). Peserta hanya dibatasi untuk 30 orang yang akan mendapatkan fasilitas berupa makan, minum, snack dan sertifikat. Sebagai catatan, sertifikat MANGCON 2008 akan diberikan oleh KeSEMaT kepada sukarelawan yang mengikuti minimal dua tahapan proses MANGCON 2008, di atas.

Syarat Pendaftaran
Bagi masyarakat yang berminat mengikuti kegiatan ini, pendaftaran dibuka mulai tanggal 26 Juli – 5 Agustus 2008. Silahkan mengisi formulir dan mendaftarkan diri Anda ke Kantor KeSEMaT Semarang Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang.

Bagi yang berada di luar Semarang, Anda bisa mendaftarkan diri Anda, melalui email KeSEMaT di kesemat@yahoo.com dengan subject: Registrasi MANGCON 2008, yang disertai dengan formulir pendaftaran. Silahkan mendownload formulir pendaftaran dan pamfletnya, di bawah ini.

1. Formulir Pendaftaran MANGCON 2008
2. Pamflet MANGCON 2008

Technical Meeting dan Contact Person
Technical Meeting akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2008 di Kantor KeSEMaT Semarang, Jl. Ngesrep Barat V/35 mulai pukul 15.30 WIB. Bagi yang ingin mendaftar dan atau kurang jelas, silahkan menghubungi langsung Saudara Handung Nuryadi (HANDUNG) di 0819 319 42 728. Buktikan jiwa konservasi Anda. Mari bersama selamatkan mangrove kita. Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s