Launching KeSEMaTONLINE

Untuk melengkapi program kampanye mangrove KeSEMaT di dunia maya (baca: internet) ke seluruh dunia, maka pada tanggal 9 Agustus 2008, telah diluncurkan KeSEMaTONLINE yang beralamat di http://www.kesemat.undip.ac.id atau http://www.kesemat.org. Hadirnya KeSEMaTONLINE akan melengkapi situs KeSEMaT yang selama ini telah beroperasi yaitu KeSEMaTPORTAL http://kesemat.tripod.com. KeSEMaTPORTAL telah beroperasi selama kurang lebih tujuh tahun ini, semenjak 9 Oktober 2001.


Latar belakang diluncurkannya KeSEMaTONLINE adalah untuk memberikan pelayanan informasi mangrove yang lebih profesional lagi kepada masyarakat dunia karena KeSEMaTONLINE dibangun dengan Joomla. Seperti diketahui, Joomla merupakan software pembangun situs terbaru, yang saat ini sedang populer. Dengan kemudahan fitur dan lengkapnya layanan yang diberikannya, KeSEMaTONLINE berbasis Joomla mampu berinteraksi dengan setiap orang yang mengaksesnya, secara lebih interaktif lagi.

Beberapa fitur yang disediakan oleh KeSEMaTONLINE antara lain adalah blog dan forum. Fasilitas ini bisa didapatkan secara gratis oleh setiap orang yang mengakses KeSEMaTONLINE setelah mendaftar terlebih dulu sebagai anggota. Setelah ID dan password diterima oleh Admin KeSEMaTONLINE, setiap Anggota KeSEMaTONLINE akan langsung memiliki profilnya sendiri dan bisa menulis dan mengirimkan artikel mangrove di blog KeSEMaTONLINE serta menyampaikan pertanyaan dan berdiskusi tentang mangrove dengan KeSEMaT dan Anggota KeSEMaTONLINE lainnya. Tak hanya sekedar menulis blog dan berdiskusi mangrove saja, bahkan dengan adanya profil dari masing-masing Anggota KeSEMaTONLINE yang disertai dengan foto lengkap dengan data dirinya, ajang pertemanan-pun bisa dilakukan melalui situs online KeSEMaT, ini.

Selanjutnya, hadirnya KeSEMaTONLINE, juga akan semakin memperkuat keberadaan KeSEMaTPORTAL. Bagi masyarakat umum, tentunya situs KeSEMaT yang beralamat di http://kesemat.tripod.com ini, sudah sangat familier. KeSEMaTPORTAL antara lain berisi tentang Sepuluh Content (SC), antara lain: (1) KeSEMaTSITE (berita terbaru KeSEMaT), (2) KeSEMaTYOUTUBE (video mangrove KeSEMaT), (3) KeSEMaTBLOG (artikel mangrove KeSEMaT), (4) KeSEMaTYUWIE (ulasan mangrove singkat KeSEMaT), (5) KeSEMaTWORDPRESS (jurnal mangrove KeSEMaT), (6) KeSEMaTGUESTBOOK (buku tamu KeSEMaT), (7) KeSEMaTFRIENDSTER (foto kegiatan KeSEMaT), (8) KeSEMaTMILIST (milist mangrove KeSEMaT), (9) KeSEMaTFORUM (forum diskusi mangrove KeSEMaT), dan (10) KeSEMaTONLINE sendiri.

KeSEMaTONLINE dan KeSEMaTPORTAL, sebenarnya berisikan SC yang sama. Namun demikian, salah satu kelebihan KeSEMaTONLINE adalah tampilannya yang lebih menarik, atraktif, interaktif dan lebih “menyatu” karena terkoneksi dalam satu sistem bernama Joomla. Sebaliknya, KeSEMaTPORTAL yang memiliki 9 SC, lebih bersifat “tak menyatu” karena tak terhubung dalam sebuah sistem, melainkan hanya terhubungkan dengan sistem tautan (baca: hyperlink). Tapi jangan salah, walaupun SC-nya terpisah-pisah, justru inilah kekuatan jaringan SC di KeSEMaTPORTAL. Masing-masing SC memiliki sistem tampilan dan komunitas fanatik tersendiri. KeSEMaTWORDPRESS contohnya, jurnal mangrove yang berjumlah ratusan-buah hasil tulisan KeSEMaTERS, banyak didownload oleh masyarakat umum sebagai bahan kajian penelitian, tinjauan pustaka bahkan dikliping oleh para pelajar SMP-SMA, dan mahasiswa sebagai bahan tugas IPA, dari guru-gurunya!

Kedua jaringan situs KeSEMaT ini, akan digunakan oleh KeSEMaT sebagai sebuah media yang efektif sebagai pengkampanye mangrove, dengan spesifikasinya masing-masing. Artinya, setiap SC akan memiliki segmentasi pembaca (baca: penikmatnya) sendiri-sendiri. KeSEMaTBLOG misalnya, SC ini akan dinikmati oleh komunitas penggemar blog yang tentunya berjuta-juta anggotanya. Demikian juga KeSEMaTWORDPRESS, KeSEMaTFRIENDSTER dan SC KeSEMaT lainnya, masing-masing memiliki fans-nya tersendiri.

Semoga saja, dengan kehadiran KeSEMaTONLINE dan KeSEMaTPORTAL, akan semakin mengokohkan peran serta KeSEMaT sebagai salah satu institusi mangrove (dari sekian banyak organisasi mangrove yang ada di dunia ini), yang turut serta berkampanye aktif dalam penyelamatan ekosistem mangrove untuk generasi mendatang. Akhir kata, selamat menikmati KeSEMaTPORTAL dan KeSEMaTONLINE. Kami tunggu partisipasi Anda di kedua jaringan situs KeSEMaT tersebut. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s