KeSEMaT, BINTARI dan FoE Jepang Melakukan Survei Lokasi Proyek Mangrove di Trimulyo

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 29 Oktober 2008, KeSEMaT yang diwakili oleh Aris Priyono (DK), Arief Marsudi Harjo (Ketua Alumni), dan Windy Indra Ardiansyah (MENDIKTAN), bersama dengan perwakilan dari Yayasan Bina Karta Lestari (BINTARI) dan Friends of Earth (FoE) Jepang melakukan survey lokasi proyek mangrove di Kelurahan Trimulyo Kecamatan Genuk, Semarang. Dalam kesempatan ini, BINTARI diwakili oleh Ferry dan Abdul Rofiq Muiz. Sementara itu, FoE Jepang oleh Mayuko Yanai dan Junichio.

Survei ini adalah survey pendahuluan. Data yang didapatkan dari survey ini, kemudian akan digunakan untuk menyusun sebuah proposal proyek tentang penanganan pemanasan global yang terjadi di area Semarang dan sekitarnya, untuk diajukan ke FoE Jepang.

Survei diawali dengan kunjungan dan diskusi di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kota Semarang, yang kemudian dilanjutkan dengan survei ke lokasi proyek di Trimulyo. Survei dilakukan di tiga tempat, yaitu di daerah hilir, tengah dan muara sungai Kali Babon.

Di hilir, survey dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar tentang kondisi lingkungannya. Selanjutnya, di bagian tengah, survey diadakan untuk meninjau lokasi penanaman mangrove. Tempat ketiga yaitu di muara sungai, survey dilakukan untuk melihat dampak reklamasi pantai terhadap lahan di sepanjang pesisir kota Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s