Kampanye KeSEMaT di Buku MDGs Advocacy Declarations Voices of Youth Produksi PBB dan YPWC, Ghana

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. “It is important to achieve MDGs because it’s eight goals actually represent the goals all humans need in their life. The seventh goal of MDGs, to ensure environmentally sustainability, must become the leader over the other goals. Why? Because the environment has degraded in recent years. Next should be the eighth goal, to develop a global partnership for development must be the second one. It is very important to develop a global partnership to achieve the other six MDGs. I think we must work together to achieve MDGs not only for the present but also for the future. So, our partnership must be continuous until the end of day.” Itulah cuplikan pernyataan Aris Priyono – Aris (DK KeSEMaT) yang dimuat dalam Buku MDGs Advocacy Declarations Voices of Youth (MADVY) produksi Young People We Care (YPWC) Ghana.

Bersama dengan delapan orang penulis dari berbagai belahan dunia, seperti Sally Appiagyei-Frimpong (Ghana), Amanda Harmon (Kanada), Bjorn Marten (Swedia), Kaidhiwa Michael (Uganda), Clifford Mugambi Kaburu (Kenya), Baraka Mtinda (Tanzania), Ringo Roque-Dadole (Philipina), dan Mohammed Awal,Yakubu (Ghana), Aris yang mewakili KeSEMaT terpilih sebagai “duta lingkungan” sehingga mendapatkan kesempatan untuk mengkampanyekan salah satu poin MDGs yaitu keberlanjutan lingkungan hidup demi masa depan umat manusia, di buku itu. Buku MDGs MADVY adalah hasil kerjasama YPWC dengan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bidang Millenium Campaign.

YPWC sendiri adalah sebuah organisasi internasional yang bertujuan untuk mendidik dan memberikan informasi kepada generasi muda akan permasalahan dunia serta untuk menginspirasi mereka agar mau bertindak dan menangkap peluang terhadap permasalahan dan isyu global yang ada. YPWC juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan generasi muda dalam menjalin kerjasama secara aktif dan efektif dengan berbagai organisasi di dunia demi mencapai masa depan yang lebih baik. Organisasi ini berpusat di Ghana dan memiliki beberapa kantor cabang di Inggris dan Kanada.

Tak hanya penulis, berbagai individu yang mewakili berbagai organisasi/institusi, dari berbagai negara juga telah dipilih dan terlibat langsung dalam proses pendisainan dan penyuntingan buku ini. Mereka adalah Eva Tucker (Amerika), Ishmael Barfi (Ghana), Laura Cococcia (Amerika), Anasthasia Esinam Dzovor (Ghana), Meaghan C. Frauts (Kanada), Stephen Gyasi Jnr (Ghana), Francesca Hughes (Inggris), Rebecca Lacey (Kanada), Stella Mihailova (Australia), Augustus Okleme (Ghana), Laura Pentelbury (Afrika Selatan), Mary Patricia Pereira (Malaysia), Hamida Rehman (Inggris), Jennifer Smith (Amerika), Erika Solanki (Amerika) dan Godwin Yidana (Ghana).

MADVY memang dikonsep agar disunting dan ditulis oleh berbagai individu dari berbagai belahan dunia dengan latar belakang keilmuan dan organisasi yang berbeda-beda. Hal ini karena pembuatan buku ini memang ditujukan untuk didistribusikan secara luas ke seluruh dunia. Inti dari buku MADVY adalah sebuah dukungan semangat kepada para generasi muda di seluruh dunia untuk lebih peduli dan percaya diri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab menyukseskan delapan buah tujuan masa depan umat manusia yang telah disepakati bersama oleh para pemimpin dunia yang dikenal dengan nama Millenium Development Goals (MDGs).

Inti dari MDGs adalah sebuah perjuangan bersama untuk (1) melawan dan mengurangi angka kemiskinan dan kelaparan, (2) mendapatkan pendidikan yang layak (3) mempromosikan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan sekaligus meningkatkan kemampuan perempuan, (4) mengurangi angka kematian bayi, (5) meningkatkan kesehatan ibu, (6) melawan berbagai penyakit seperti HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya, (7) menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan hidup, dan (8) mengembangkan hubungan antar bangsa di seluruh dunia.

Dengan terpilihnya KeSEMaT sebagai organisasi pengkampanye lingkungan dalam buku ini, diharapkan ekosistem pesisir khususnya mangrove, sebagai latar belakang KeSEMaT, akan semakin banyak dikenal oleh masyarakat dunia sehingga ke depan, mereka akan semakin mengetahui dan mengerti tentang pentingnya ekosistem mangrove bagi kelangsungan hidup manusia. Bagi yang berminat mendapatkan Buku MDGs MADVY, silahkan melihat preview-nya dan atau mendownloadnya secara langsung dan gratis di KeSEMaTISSUE: The Book of KeSEMaT di http://issuu.com/kesemat. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s