Para KeSEMaTERS Melakukan Sampling Mangrove di Karanganyar Semarang

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 14 Desember 2008, para KeSEMaTERS kembali melakukan sampling mangrove untuk penelitian bertema studi komposisi dan vegetasi mangrove. Kali ini, lokasi yang dijadikan obyek pengambilan sampel mangrove ada Kelurahan Karanganyar, Semarang. Sampling ini diadakan dalam rangka kerjasama proyek penelitian mangrove antara KeSEMaT, Yayasan BINTARI dan FoE Jepang. Sampling dimulai pada pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh Febriana Mirasti (Anggota), Abdul Rohman Zaky (Anggota), Widitya Imandriya (Anggota), Dhimas Firmansyaf (Anggota), Indriatmoko (Anggota), Sunanto K. P (MENSEK), Windy Indra Ardiansyah (MENDIKTAN), Faradhian Fahmi (MENPORSI), Arief Marsudi Harjo (Ketua Alumni), dan Aris Priyono (DK).

Kegiatan sampling dilakukan di beberapa titik lokasi yang terbagi menjadi tiga buah stasiun, dengan cara membentangkan transek berukuran 10 meter x 10 meter dari tepi laut ke arah darat. Salah satu hasil sampling adalah selain teridentifikasinya beberapa buah spesies mangrove dari keluarga Rhizophora dan Avicennia, juga didapatkan fakta bahwa kedua spesies ini mendominasi di kawasan mangrove Karanganyar.

Dalam proses sampling, para KeSEMaTERS juga menentukan koordinat titik sampling dengan menggunakan GPS. Selanjutnya, parameter lingkungan yang diukur dalam penelitian ini antara lain adalah DO, pH, suhu, jenis sedimen, salinitas, dan kualitas air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s