Terharu di Tahun Baru

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS.  Tepat pada tanggal 31 Desember 2008 pukul 23.00 WIB yang lalu, kami Keluarga Besar KeSEMaT Alumni, DK, DP, Pengurus, Anggota dan KeMANGTEER), berkumpul bersama di depan Kantor kami di Semarang, untuk menyongsong datangnya tahun baru 2009. Tak ada perayaan apapun kecuali syukuran sederhana sembari memanjatkan doa untuk kelestarian mangrove di pesisir kita. Lihatlah foto di samping ini, para KeSEMaTERS nampak khusyuk memanjatkan doa, untuk meminta maaf dan memohon agar Dia selalu berbaik hati kepada kita yang seringkali berbuat tak seimbang kepada alam milik-Nya.

Banjir, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, tsunami, dan bencana alam lainnya, sudah tak terhitung lagi sering terjadi di bumi pertiwi, ini. Di tahun 2008, sudah berapa banyak nyawa melayang akibat reaksi alam kepada kita karena kita tak pernah tidak menyakiti bumi, hanya demi mengeruk keuntungan bagi diri kita, saja.

Di tahun ini, kiranya kami masih sedikit sekali mendarmabhaktikan diri kami untuk alam pesisir, kami. Dengan keterbatasan anggota dan kemampuan tenaga kami yang sangat terbatas, kami hanya baru bisa memulihkan ekosistem mangrove di Teluk Awur Jepara hingga di tahun 2008 ini, 100% mampu berdaya guna, kembali.

Masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan demi alam kami yang telah dengan baik hatinya memberikan ruang dan tempat hidup bagi kami. Sebuah renungan, untuk mengevaluasi kinerja dan memperbaiki diri di tahun 2009, sengaja kami lakukan di syukuran perayaan tahun baru 2009, ini.

Sebuah harapan besar, akan adanya kesadaran tak hanya dari diri kami sendiri, melainkan kita semua, masyarakat Indonesia dan dunia untuk mau menjaga dan melestarikan alam pesisir kita, selalu kami panjatkan di setiap doa-doa kami kepada-Nya. Semoga di tahun 2009, kinerja kita untuk alam pesisir kita semakin baik lagi sehingga keseimbangan antara manusia dan alam bisa terwujud di 2009. Amin. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s