Manisnya, Bingkisan Kalender Mangrove dari Amerika

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Di sebuah sore yang cerah, pada tanggal 13 Januari 2009 yang lalu, di saat para KeSEMaTERS merapatkan konsep kampanye Mangrove Safe di Kantor, tiba-tiba datanglah sebuah paket pos (lihat gambar di samping), yang berisi sebuah bingkisan. Pada awalnya, kami mengira bahwa bingkisan ini hanyalah bingkisan biasa yang dikirimkan oleh salah satu Mitra kami. Namun, ternyata dugaan kami keliru. Bingkisan ini adalah bingkisan istimewa yang dikirimkan oleh Mitra Kerja kami di Amerika, yaitu Mangrove Action Project (MAP).

Isi bingkisan berupa 14 buah kalender bertema mangrove, hasil gambar para pelajar SD dari 12 negara termasuk Indonesia yang diwakili oleh KeSEMaT. Senang sekaligus bangga, itulah hal pertama yang kami rasakan, begitu membuka paket dari Amerika ini. Perasaan senang dan bangga yang kami rasakan, bukan karena bingkisan mangrove ini berasal dari Negara Adidaya, namun lebih karena hasil karya anak Indonesia bernama Rudi Setiawan (pelajar kelas 6 SD Trimulyo II Semarang) berhasil keluar sebagai pemenang pertama dalam kompetisi bertajuk 2009 International Children’s Art Calendar yang diorganisir oleh MAP dan terpampang sejajar di Kalender Anak Internasional 2009 dengan hasil karya anak-anak SD dari negara lainnya.

Berkat kemenangannya ini, maka hasil gambar Rudi telah dicetak oleh MAP dalam kalender internasional bersama dengan hasil gambar 12 para pelajar SD lainnya dari 12 negara, seperti Singapura, India, Vietnam, Philipina, Thailand, Kamboja, Panama, Nigeria, Bangladesh, Belize dan Srilanka. Kompetisi ini diikuti oleh 2000 pelajar SD dari 12 negara. Kalender ini telah pula didistribusikan ke seluruh dunia.

Berkat prestasinya ini, maka MAP menganugerahkan kepada KeSEMaT (sebagai salah satu organisasi diantara 13 organisasi dari 12 negara di dunia, yang telah berjasa dalam mengorganisir lomba gambar mangrove tingkat SD, sekaligus mengirimkan hasil gambar pemenangnya ke MAP), Kepala Sekolah dan para pelajar SD Trimulyo I dan II sebuah penghargaan berupa sertifikat dan 14 buah Kalender 2009 yang berisi gambar-gambar pemenang 2009 International Children’s Art Calendar.

Sesaat setelah memenangkan kompetisi ini, KeSEMaT bertubi-tubi dihujani dengan penghargaan, pujian, ucapan selamat, dan dukungan oleh para mitranya, civitas akademika UNDIP dan KeMANGTEER, tak terkecuali masyarakat Indonesia dan dunia yang langsung disampaikan dalam Jaringan KeSEMaTONLINE. Dengan ini, KeSEMaT mengucapkan terima kasih yang tak terkira kepada semua pihak atas dukungannya kepada kami dalam memperjuangkan keberlangsungan ekosistem mangrove demi masa depan yang lebih cerah. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s