KeSEMaT di TRANSTV Jakarta

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Sebenarnya, berita tentang KeSEMaT yang masuk ke dalam salah satu program TRANSTV Jakarta, yaitu “Good Morning (GM),” sudah agak lama berlalu. Pun, program GM, saat ini juga sudah tidak ditayangkan lagi, oleh TRANSTV. Di akhir tahun 2008 yang lalu, memang Koresponden TRANSTV bernama Indra Winardi, telah meliput kegiatan KeSEMaT bernama KeSEMaT Goes To Arboretum: Pemeliharaan dan Penyulaman Bibit Mangrove KeSEMaT di Teluk Awur Jepara.

Namun demikian, beberapa pihak yang belum sempat melihat secara langsung KeSEMaT di TRANSTV, tampaknya masih saja penasaran ingin ikut menyaksikan dan melihat secara langsung walaupun tidak melalui layar televisi. Untuk itulah, mereka seringkali menanyakan apakah KeSEMaT memiliki rekaman video, tersebut. Untuk menjawab pertanyaan dari masyarakat mengenai hal ini, maka KeSEMaT telah mempublikasikan cuplikan hasil liputan TRANSTV tersebut, ke dalam salah satu Jaringan KeSEMaTONLINE, yaitu KeSEMaTYOUTUBE yang beralamat di www.youtube.com/kesemat.

Secara umum, dalam liputan tersebut, KeSEMaT yang diwakili oleh Windy Indra Ardiansyah (MENDIKTAN) memberikan penjelasan mengenai tiga tahapan penting dalam rehabilitasi mangrove, yang harus dilakukan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan kelulushidupan mangrove yang maksimal. Tiga tahapan penting tersebut adalah survei penentuan lokasi, pembibitan dan penanaman dan yang terakhir adalah program pemeliharaan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Tak hanya itu, Indra (lihat foto di atas) juga menjelaskan mengenai jenis-jenis mangrove yang ada di Arboretum Mangrove milik KeSEMaT, yang pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2003. Jenis-jenis mangrove sejati dan asosiasi yang ada di Arboretum KeSEMaT antara lain adalah Rhizophora mucronata, R. apiculata, R. stylosa, Bruguiera cylindrica, B. gymnorrhiza, Acanthus ilicifolius, Vitex ovata, Thespesia populnea, Terminalia catappa, Spinifex littoreus, Sesuvium portulacastrum, Scaevola taccada, Pandanus tectorius, Ipomoea pes-caprae, Hibiscus tiliaceus, Calotropis gigantea, Scyphiphora hydrophyllacea, Pemphis acidula, Nypa fruticans, Lumnitzera racemosa, Excoecario agallocha, Ceriops tagal, C. decandra, Avicennia marina, Aegiceras corniculatum, Acrostichum aureum dan masih banyak lagi.

Durasi tayangan yang kurang lebih hanya beberapa menit tersebut, kami harapkan bisa menginspirasi siapa saja yang pada saat itu, melihat tayangan KeSEMaT di TRANSTV Jakarta. Tak banyak yang kami harapkan, semoga saja apa yang telah kami lakukan dalam penyelamatan ekosistem mangrove di Jepara bisa ditiru dan diadopsi juga, di daerah Anda masing-masing. Mari kita bersama-sama menyelamatkan ekosistem mangrove kita. SEKARANG!

Sebagai penutup, bagi masyarakat yang masih penasaran dan ingin melihat bagaimana para KeSEMaTERS beraksi di depan kamera TRANSTV Jakarta, silahkan segera berkunjung ke KeSEMaTYOUTUBE www.youtube.com/kesemat. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s