Berita Seminar Nasional MC 2009: Peranan Mangrove dalam Mengatasi Dampak Perubahan Iklim Global

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Tiga praktisi dari Jakarta yang memiliki spesialisasi dalam bidangnya masing-masing, yaitu Drs. Soetamto: Kepala Bagian Klimatologi dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dr.Ir. Eko Warsito MSc.: Departemen Kehutanan (DEPHUT) dan Ir. Eny Budi Sri Haryani, MSi: Kasubdit Rehabilitasi dan Pendayagunaan Pesisir dan Lautan Depertemen Kelautan dan Perikanan (DKP) telah didaulat oleh KeSEMaT untuk menjadi pembicara dalam Seminar Nasional (SEMNAS) Mangrove Cultivation (MC) 2009: Peranan Mangrove dalam Mengatasi Dampak Perubahan Iklim Global. SEMNAS ini adalah salah satu rangkaian penyelenggaraan MC 2009 yang telah sukses diselenggarakan oleh KeSEMaT pada tanggal 20 – 22 Maret 2009.

SEMNAS MC 2009 dimulai sesaat setelah Drh. Hermin S. (PEMDA Jepara) membuka secara resmi pelaksanaan MC 2009. Farhan Pramudito (MENPORSI), selaku moderator, mempersilahkan Drs. Soetamto (BMKG) untuk mempresentasikan makalahnya berjudul “Aplikasi Data BMKG dalam Penanggulangan Dampak Perubahan Iklim di Indonesia.” Selanjutnya, pemateri kedua, yaitu Dr.Ir. Eko Warsito MSc (DEPHUT) membawakan materi berjudul “Sosialisasi dan Aplikasi Program Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Selanjutnya, pemateri ketiga, yaitu Ir. Eny Budi Sri Haryani, MSi membawakan materi berjudul “UU No. 27/2007 Tentang PWP3K dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove pada Departemen Kelautan dan Perikanan.”

Sesi diskusi diisi dengan berbagai pertanyaan dari para peserta MC 2009 yang terbagi menjadi dua termin. Beberapa pertanyaan yang muncul antara lain adalah keberlanjutan program Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan DEPHUT, manfaat data-data BMKG bagi masyarakat Indonesia dan syarat dan tata cara pengajuan dana hibah proyek mangrove dari DKP.

Setelah sesi diskusi selesai, SEMNAS MC 2009 resmi ditutup yang kemudian diikuti dengan prosesi penyerahan plakat dan kenang-kenangan dari KeSEMaT kepada para pembicara, yaitu Drs. Soetamto (BMKG) yang diwakili oleh Indriatmoko (Presiden), kepada Dr.Ir. Eko Warsito MSc (DEPHUT) yang diserahkan oleh Febriana Mirasti (Ketua MC 2009) dan kepada Ir. Eny Budi Sri Haryani, MSi (DKP) yang diberikan oleh Handung Nuryadi (DP). Selanjutnya, dilakukan foto bersama antara pembicara, panitia dan peserta SEMNAS MC 2009. Tak sampai di SEMNAS, saja. MC 2009 kemudian dilanjutkan dengan Pelatihan Mangrove yang dipandu langsung oleh Praktisi Mangrove dari KeSEMaT.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s