Paska MC 2009: Para Peserta MC Mulai Terinspirasi

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Sudah sekitar dua minggu ini, Mangrove Cultivation (MC) 2009: Seminar Nasional, Penyuluhan, Pelatihan, Pembibitan dan Penyulaman Mangrove telah selesai diselenggarakan dengan sukses oleh KeSEMaT. Namun demikian, sampai dengan artikel ini ditulis, gaungnya masih saja terdengar sampai dengan sekarang. Tak hanya di Jaringan KeSEMaTONLINE saja, puluhan artikel, cerita, foto dan video MC 2009, nampak berseliweran ke sana ke mari. Di Kantor KeSEMaT Semarang, seolah tak mau kalah dengan dinamika gaung MC di dunia maya, puluhan mantan Peserta MC 2009 dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) universitas di Semarang, juga nampak berwara-wiri.

Tak hanya meminta foto-foto dokumentasi MC 2009, saja, lebih dari itu, mereka juga meminta kepada kami untuk menjadi konsultan mangrove mereka, dalam program rehabilitasi mangrove yang rencananya akan mulai mereka inisiasi. Para mantan Peserta MC 2009 mau menyelenggarakan program rehabilitasi mangrove? Ya. Benar. Begitulah faktanya!

Seolah tak mau kalah dengan KeSEMaT, setelah mengikuti MC 2009, mereka mengaku terinspirasi untuk membantu KeSEMaT dalam rangka turut serta menyelamatkan ekosistem mangrove di peisisir-pesisir Indonesia. Dan sebagai langkah awal, rencana melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Semarang, akan mulai dirintis oleh mereka.

Jujur, kami senang sekali, melihat geliat Rekan-rekan muda kami (di Semarang), para mantan Peserta MC 2009 yang mulai terinspirasi untuk melakukan program gerakan moral rehabilitasi mangrove, seperti ini. Niat tulus kami untuk berbagi ilmu pembibitan, penanaman dan penyulaman mangrove di MC 2009, nampaknya mulai membuahkan hasil. Para kawula muda yang kami suluh, ternyata mulai sadar dan cepat bertindak, untuk bahu membahu bersama kami mengadakan aksi gerakan moral yang sama.

Dengan senang hati, kami menularkan pengetahuan mengenai teknik pembuatan proposal, teknik lobbying dan memberikan alamat institusi dan LSM yang telah menjadi mitra kerja KeSEMaT selama ini. Hal ini kami lakukan dengan tujuan untuk membantu mereka dalam mewujudkan impian mereka yaitu bisa mengadakan kegiatan mangrove semegah, sesemarak, sebaik, semeriah, seseru dan sesukses MC 2009-kami.

Sebagai penutup, seraya mengucapkan dukungan penuh dan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para mantan Peserta MC 2009 yang akan mulai mengadakan program rehabilitasi mangrovenya, kami bermimpi, semoga saja inspirasi MC 2009 tak hanya hinggap di dalam diri mantan Peserta MC 2009 saja, tapi juga bisa beterbangan dan hinggap ke dalam diri kaum muda di seluruh Indonesia dan dunia agar di masa depan, mereka sebagai pemegang tongkat estafet kaum tua, bisa lebih arif dan bijaksana lagi dalam mengelola ekosistem mangrove kita, demi mencegah kepunahannya. Amin. Salam MANGROVER!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s