Pak Sururi dan Rhizophora Albino-nya

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 9 April 2009, di saat kami melakukan kunjungan kerja ke mitra kerja kami, sebuah kelompok tani mangrove di Mangkang Semarang, yang telah berhasil mendirikan sebuah LSM lingkungan bernama LEPASS, kami menemukan sesuatu yang sangat unik. Di sela-sela kunjungan kami, kami diperlihatkan dengan sebuah propagul Rhizophora yang sungguh aneh dan unik. Pak Sururi, yang adalah ketua kelompok tani tersebut, memberikan informasi kepada kami bahwa beliau memiliki Rhizophora Albino (RA)!

Penasaran dengan informasi yang diberikan beliau, kontan saja kami segera mempertanyakan tentang RA, itu. Tak terlalu banyak berkomentar, Bapak Sururi segera mengajak kami ke kebun bibit mangrove-nya yang berada tepat di depan rumahnya. Lihatlah foto di atas, itulah Bapak Sururi bersama dengan RA-nya.

RA yang dimaksud sang Bapak ternyata bukanlah pohon Rhizophora-besar, seperti pemikiran kami. RA hanyalah propagul Rhizophora (dugaan kami adalah jenis Rhizophora mucronata) yang memang berwarna albino. Belum ada penjelasan mengenai fenomena albinonya sang Propagul. Yang jelas, RA ini tumbuh, karena plumulanya, yaitu bakal daun sebagai indikator hidupnya propagul, berkembang dengan baik.

Sang RA diberikan perlakukan khusus oleh Bapak Sururi. RA yang ditanam di pot, disiram dua kali sehari dan disandingkan dengan propagul Rhizophora-normal. Tali rafia dan ajir sepanjang setengah meter, juga diikatkan ke RA, untuk memperkuat tumbuh kembangnya.

Diskusi dan hipotesa kami tujukan kepada RA. Pengaruh sedimen dan intensitas cahaya matahari adalah dua hipotesa yang kami setujui. Namun demikian, diperlukan penelitian yang lebih representatif untuk meneliti lebih jauh tentang adanya keberadaan RA, ini. Sang Bapak menambahkan, bahwa petani lainnya juga sempat merawat RA, namun tak sampai dengan satu tahun, RA tak kuat menahan nafasnya alias “meninggal dunia.” Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s