Berita Seminar dan Pelatihan Mangrove KeSEMaT: Mangrove Training 2009

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 15 Mei 2009, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program penelitian dan pelatihan mangrove tahunannya, yaitu Mangrove Training (MT) 2009: Pelatihan Penelitian Ekosistem Mangrove dan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Buah Mangrove. MT 2009 diadakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Diponegoro (UNDIP) Tembalang, Semarang mulai pukul 13.30 WIB sampai dengan 18.00 WIB yang diikuti oleh 30 orang KeSEMaTERS yang terdiri dari Pembimbing, Alumni, DK, DP, Presiden, Menteri, dan Anggota KeSEMaT Angkatan IX.

Selain KeSEMaTERS, acara ini juga dihadiri oleh pihak Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP yang diwakili oleh Ir. Irwani, Mphil (Ketua Jurusan Ilmu Kelautan) dan Ir. Nur Taufiq Spj, M.AppSc (Pembantu Dekan III).

MT 2009 adalah kegiatan intern KeSEMaT yang bertujuan untuk memberikan pelatihan penelitian ekosistem mangrove dan pengolahan makanan berbahan dasar buah mangrove kepada para anggota baru KeSEMaT (KeSEMaTERS Angkatan IX), sebagai persiapan pelaksanaan Mangrove REpLaNT 2009, yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2009, mendatang.

MT 2009 menghadirkan tiga pembicara, yaitu Dr. Rudhi Pribadi (Dosen Ekologi Mangrove UNDIP) yang membawakan materi tentang Potensi Ekonomi Mangrove, Muhamad Ikhsan Sri Hartadi, S.Kel (Alumni KeSEMaT) mempresentasikan materi tentang Teknik Analisa Data Penelitian Struktur Komunitas Mangrove, dan Dyah Ilminingtyas W. H. yang dibantu oleh Diah Kartikawati (Staf Pengajar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang) menyampaikan materi tentang Potensi Buah Mangrove Sebagai Alternatif Sumber Pangan.

Acara dimulai dengan sambutan-sambutan dari Ketua Panitia MT 2009, Presiden KeSEMaT dan Pembantu Dekan III, sekaligus membuka acara MT 2009 secara resmi. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh ketiga pembicara. Setelah penyampaian materi dan tanya jawab, selesai dilaksanakan, MT 2009 dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan kue mangrove dari tepung buah Bruguiera gymnorrhiza. MT 2009 akan dilanjutkan dengan sampling lapangan dan sarasehan mangrove dengan masyarakat petani tambak yang akan dilaksanakan di Desa Surodadi Demak, pada tanggal 23 – 24 Mei 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s