KeSEMaT Mengajar Mangrove di SMK Cut Nya Dien di Semarang

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 26 Mei 2009, KeSEMaT kembali mengajar mangrove ke SMK. Kali ini, KeSEMaT mengajar mangrove di sebuah SMK yang terletak di Jalan Wolter Monginsidi Semarang, yaitu SMK Cut Nya Dien. Pengajaran mangrove dilakukan pada pukul 08.30 – 12.00 WIB. Kali ini, pengajar mangrove KeSEMaT diwakili oleh Abdul Rohman Zaky (MENDIKTAN), bersama dengan puluhan KeSEMaTERS lainnya yang terdiri dari Alumni, DK, KAK, DP, para Menteri dan Anggota KeSEMaT.

Bersama dengan Yayasan BINTARI, dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemerintah Kota (PEMKOT) Semarang, KeSEMaT melaksanakan program sosialisasi Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) tahun 2009, yang diinisiasi oleh DKP PEMKOT Semarang. Pengajaran mangrove ini, adalah salah satu program yang dilaksanakan dalam GBPL 2009.

Seperti pengajaran mangrove sebelumnya, dalam GBPL kali ini, KeSEMaT mendapatkan kesempatan untuk memberikan pengajaran mangrove yang terbalut dalam tema besar bertajuk “Mitigasi Dampak Pemanasan Global (Global Warming) dan Cara Mengatasinya,” kepada para siswa SMK dan SMA pesisir di Semarang.

Seperti pengajaran mangrove sebelumnya, KeSEMaT memberikan pengetahuan mengenai apakah fungsi mangrove terhadap penanggulangan efek perubahan iklim dan pemanasan global. Pengajaran mangrove dimulai dengan penjelasan mengenai apakah pengertian dari perubahan iklim dan pemanasan global. Selanjutnya, KeSEMaTERS mulai menjelaskan mengenai fungsi mangrove dalam mengatasi dampak perubahan iklim global dan pemanasan global.

Materi selanjutnya adalah sebuah pendalaman materi mengenai mangrove, yang terdiri dari puluhan slide presentasi, yang antara lain berisi tentang pengertian mangrove, syarat hidup mangrove, jenis-jenis flora dan fauna mangrove, teknik pembibitan mangrove, tata cara penanaman mangrove dan lain sebagainya.

Presentasi mangrove KeSEMaT ditutup dengan sebuah simulasi tentang tata cara pembibitan dan penanaman mangrove yang baik dan benar. Sebelum melakukan simulasi, KeSEMaTERS mengajak para siswa/siswi SMK Cut Nya Dien maju ke depan, untuk mempraktekkan secara langsung, teknik penanaman mangrove di lapangan yang baik dan benar. Pengajaran mangrove KeSEMaT selanjutnya, akan dilaksanakan di SMK Krista Mitra, Semarang pada tanggal 28 Mei 2009 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s