Kuliah Umum Wartawan BBC London Inggris di Kantor KeSEMaT

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 9 Juni 2009, dua wartawan BBC London Inggris, berkunjung ke Kantor KeSEMaT Semarang dan memberikan kuliah umum tentang teknik pembuatan film dokumenter pesisir kepada para mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (UNDIP). Dalam kesempatan ini, Joe Yaggi (Joe) dan Douglas Varchol (Douglas) menceritakan pengalaman mereka pada saat membuat film dokumenter pesisir di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Selain keluarga besar KeSEMaT, seperti Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing), M. Ikhsan Sri Hartadi (Alumni), Arief Marsudi Harjo (KAK), Aris Priyono (DK), Faradhian Fahmi (DP), Abdul Rohman Zaky (MENDIKTAN) dan para Anggota KeSEMaT lainnya, selaku fasilitator acara, kuliah umum ini dihadiri juga oleh Ir. Nur Taufiq Spj. M.AppSc. (Pembantu Dekan IIII), para dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP dan perwakilan dari organisasi mahasiswanya, seperti Marine Voice dan MDC. Tak hanya itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen dari Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Joe dan Douglas, berkunjung ke Indonesia dalam rangka pembuatan film dokumenter fenomena-fenomena alam yang terjadi di pesisir Jawa Tengah, yang mengambil lokasi syuting di Morodadi dan Surodadi Demak. Kegiatan pembuatan film dokumenter pesisir ini, adalah tindak lanjut program dari Seminar Regional yang telah diselenggarakan oleh Mangrove For The Future (MFF) akhir 2008 yang lalu, dimana MFF telah bekerjasama dengan berbagai pihak di Indonesia termasuk FPIK UNDIP dan KeSEMaT.

Acara yang dimulai dari pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB ini, diawali dengan sambutan dari Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing), yang selanjutnya diikuti dengan pemaparan materi berupa penjelasan mengenai teknik pembuatan film dokumenter yang disertai dengan diskusi dan tanya jawab. Setelah selesai diskusi dan tanya jawab, KeSEMaT memberikan kenang-kenangan berupa dokumentasi kegiatan Seminar Regional MFF dan dua buah pin kepada Joe dan Douglas.

Dalam kesempatan ini, Joe dan Douglas mengucapkan terima kasihnya kepada KeSEMaT yang telah memfasilitasi kuliah umum ini, dan berharap ada kesempatan untuk berkunjung kembali ke Indonesia agar bisa lebih banyak lagi membuat film dokumenter pesisir, terutama mangrove.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s