Abrasi Pantai Teluk Awur Jepara: 3 Meter Setiap Tahun!

Jepara – KeSEMaTWORDPRESS. Abrasi Pantai Teluk Awur Jepara: 3 Meter Setiap Tahun! Tentunya, kabar ini bukanlah isapan jempol belaka. Sebuah penghitungan telah dilakukan oleh para KeSEMaTERS dengan cara membandingkan peta topografi tahun 1963 dengan tahun 2001. Hasilnya, selama kurun waktu 38 tahun itu, didapatkan angka abrasi sebesar 110,23 meter. Dan, apabila angka ini dirata-rata, maka mulai dari tahun 1963 sampai dengan tahun 2001, abrasi yang telah terjadi adalah sejauh 2,9 (3) meter per tahun.

Anda bisa bayangkan sendiri, pesisir pantai Teluk Awur Jepara itu, selama ini telah terkikis oleh abrasi selebar 3 meter per tahun. Sungguh, sebuah fakta yang sangat mengerikan! Padahal, di tempat ini, tumbuh berbagai flora dan fauna mangrove yang sangat penting demi menjaga keseimbangan ekosistem pesisir yang masih tersisa di sana.

Untunglah, abrasi sebesar itu, dapat ditangkal dengan rapatnya perakaran vegetasi mangrove yang tumbuh lebat di sana, berkat program-program penanaman mangrove setiap tahun, yang dilaksanakan oleh KeSEMaT mulai dari tahun 2003 sampai dengan sekarang (2009). Kami tak bisa membayangkan, bagaimana jadinya apabila KeSEMaT tidak “mencuri start” untuk melakukan inisiasi penanaman mangrove massal di setiap tahunnya, yang melibatkan ribuan bibit dan ratusan orang. Maka, bisa jadi di tahun 2009 ini, kondisi pantai Teluk Awur Jepara itu, tak bisa lagi dinikmati keindahannya. Namun, untunglah hal yang tersebut terakhir ini, tidak pernah terjadi.

Namun begitu, sebenarnya kami sangat mengkhawatirkan kondisi akar-akar Rhizophora yang terletak di bagian paling depan, pantai Teluk Awur, itu. Kami lihat, akar-akarnya sudah banyak sekali yang patah dan “rontok,” terterjang gelombang laut yang sangat dahsyat. Kami berharap sembari terus berdoa, semoga saja, akar-akar mangrove “Rhizophora-depan” ini, bisa terus kuat dalam menahan hempasan ombak yang bertubi-tubi.

Dan, selain terus bekerja menanam ribuan bayi mangrove lagi di sekitarnya, kami juga terus memujaNya agar menumbuhkan “dengan cepat” ribuan batang-batang mangrove muda yang ada di belakang “Rhizophora-depan” supaya bisa membantunya dan siap menggantikannya dalam meredam gelombang dan membuat daratan baru, sewaktu-waktu ajal “Rhizophora-depan,” dijemput olehNya. Dengan demikian, harapan agar persentase abrasi yang 3 meter per tahun bisa dicegah lajunya, akan semakin besar dan besar, lagi. Amin. Kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s