KeSEMaTERS Mencari Buah Avicennia ke Desa Morosari Demak

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 18 Juli 2009, para KeSEMaTERS mencari buah Avicennia (baca: Brayo) yang akan digunakan sebagai bahan dasar makanan dan minuman, dalam acara Mangrove Training I (MT I) yang merupakan rangkaian kegiatan dari MANGROVE REpLaNT (MR) 2009, yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 – 26 Juli 2009, nanti. KeSEMaTERS yang diwakili oleh Indriatmoko (Presiden), Farhan Pramudito (MENPORSI), Febriana Mirasti (MENWIRA) dan Oky Yuripa Pradana (Anggota) menuju ke Morosari Demak, untuk menemui seorang pengepul buah Avicennia yang bernama Bapak Saman.

Perjalanan dimulai pada pukul 16.00 WIB dari Kantor KeSEMaT Semarang dan tiba di Morosari Demak pada pukul 17.00 WIB. Tidak mudah untuk menemukan rumah Bapak Saman, para KeSEMaTERS harus melalui jalanan yang rusak dan gelap gulita. Tak hanya sampai disitu, untuk sampai di kediaman Bapak Saman, para KeSEMaTERS juga harus rela berjalan kaki menyusuri jalanan setapak yang begitu licin karena genangan air laut (lihat foto di atas).

Dengan diantar oleh salah seorang kerabat dari Bapak Saman, akhirnya para KeSEMaTERS sampai juga di kediaman Bapak Saman. Sesampainya di rumah Bapak Saman yang sangat memprihatinkan karena terendam air laut, para KeSEMaTERS disambut dengan ramah oleh keluarga dan warga sekitar. Meskipun hidup dalam keterbatasan, dimana tambak dan rumahnya tertelan air laut akibat penebangan mangrove, keluarga Bapak Saman tidak pernah mengeluh dengan keadaannya sekarang.

Kembali ke tujuan awal, KeSEMaTERS menyampaikan maksud dan tujuannya datang ke sana, yaitu untuk mencari buah Avicennia, sembari berbincang tentang pengalamannya dalam pengolahan buah mangrove sebagai bahan makanan dan minuman. Di akhir kunjungan, KeSEMaTERS memesan beberapa buah untuk dijadikan tepung guna melatih para peserta MR 2009 akan pendayagunaan buah Brayo sebagai bahan makanan dan minuman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s