Berita MANGROVE REpLaNT 2009

Jepara – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 24 – 26 Juli 2009 di Teluk Awur Jepara, KeSEMaT kembali sukses menyelenggarakan program konservasi tahunannya bertajuk MANGROVE REpLaNT (MR) 2009: Seminar Nasional, Pelatihan, dan Penanaman Mangrove. MR 2009 terdiri dari tiga kegiatan inti, yaitu (1) Seminar Nasional bertema Mangrove for The Community (Mangrove untuk Masyarakat), (2) Pelatihan Metode Pembuatan Sabun dan Bahan Makanan dan Minuman dari Buah Mangrove dan Pelatihan Metode Rehabilitasi Mangrove serta (3) Penanaman dan Penyulaman Mangrove dengan sistem Silvofishery.

Peserta, panitia, tamu undangan, pembicara, trainer pelatihan dan masyarakat yang terlibat dalam acara mangrove nasional ini berjumlah lebih dari 100 orang, yang terdiri dari:

Pembicara: (1) Dite Suprobo – Balai Lingkungan Hidup (BLH) Jawa Tengah. (2) Abdullah Habibi – World Wild Fund (WWF) Indonesia Jakarta. (3) Sururi – Kelompok Tani Sumber Rejeki (KTSR) Semarang.
Trainer Pelatihan: (1) Muhamad Ikhsan S. H., Arief Marsudi Harjo dan Aris Priyono – Praktisi Mangrove KeSEMaT untuk Pelatihan Pembibitan, Penanaman dan Penyulaman Mangrove. (2) Diyah Ilminingtyas WH dan Diah Kartikawati Dosen Teknologi Pertanian Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang untuk Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Buah Mangrove. (3) Lulut Sri Yuliani – PKK Rungkut Surabaya untuk Pelatihan Pengolahan Sabun Berbahan Dasar Buah Mangrove.

Peserta: (1) LSM : LSM Rhizophora Malang. (2) Dinas Pemerintahan : DKP Kalimantan Timur dan DKP Manokwari, Papua. (3) Mahasiswa : Universitas Semarang (USM) Semarang, Universitas Jenderal Sudirman (UNSOED) Purwokerto, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Universitas Negeri Mataram (UNM) Nusa Tenggara Barat, Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) Malang, Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) Semarang. (4) Swasta : Mobile 8. (5) Pelajar : SMA Semesta Semarang.

Undangan: (1) Staf Pemerintah Kabupaten Jepara. (2) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jepara. (3) Dekan (Johannes Hutabarat), Pembantu Dekan III (Nur Taufik) dan Ketua Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP (Irwani). (4) Dosen Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP (Suryono). (5) PKK Desa Teluk Awur. (6) Warga Tanggul Tlare Jepara. (7) KeSEMaTERS dan MANGROVER : Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT) dan KeSEMaT’s Mangrove Volunteer (KeMANGTEER).

MR 2009 dibuka secara langsung oleh Bupati Kabupaten Jepara, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jepara (Achid Setiawan), pada hari Sabtu, 25 Juli 2009 pukul 09.00 WIB. Seminar Nasional bertema Mangrove for The Community yang dikemas dalam format diskusi panel, telah mempertemukan tiga orang Panelis, yaitu BLH, WWF dan KTSR.

Pelatihan Pembibitan, Penanaman dan Perawatan Mangrove dibimbing oleh trainer pelatihan dari praktisi mangrove KeSEMaT dan pelatihan pengolahan makanan dan sabun berbahan dasar buah mangrove dibimbing oleh trainer pelatihan dari dosen pangan Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang dan Ibu-ibu PKK Rungkut Surabaya.

Selanjutnya, pembibitan, penanaman dan penyulaman mangrove, juga telah dilakukan oleh peserta, panitia, dan masyarakat Desa Teluk Awur dan Desa Tanggul Tlare Jepara, yang merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian acara MR 2009. Pada tanggal 26 Juli 2009 pukul 14.30 WIB, MR 2009 ditutup secara resmi oleh Ketua Panitia MR 2009, yaitu Farhan Pramudito. Berita dan cerita seputar MR 2009 lainnya, bisa diakses di halaman lain dalam Jaringan KeSEMaTONLINE.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s