Ini Dia, Jenang, Kerupuk, Sirup dan Dodol Mangrove

Jepara – KeSEMaTWORDPRESS. Lihatlah foto di samping ini. Ini adalah empat buah makanan dan atau minuman mangrove dari puluhan makanan dan minuman mangrove yang didemonstrasikan proses pembuatannya oleh para trainer pelatihan makanan dan minuman mangrove, di program konservasi mangrove tingkat nasional yang diinisiasi oleh KeSEMaT bertajuk MANGROVE REpLaNT (MR) 2009: Seminar Nasional, Pelatihan dan Penanaman Mangrove, yang dilaksanakan di Teluk Awur Jepara, 24 – 26 Juli 2009, yang lalu.

Empat macam penganan mangrove ini adalah jenang mangrove, kerupuk mangrove, sirup mangrove dan dodol mangrove. Keempatnya dibuat dari buah-buahan mangrove. Proses pembuatan semua penganan di atas, sebenarnya mudah dan sama prosesnya layaknya pembuatan jenang, kerupuk, sirup dan manisan biasa. Bedanya, hanya terletak di bahan bakunya saja, yaitu tepung buah mangrove. Sebagai informasi, hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan tepung mangrove adalah harus benar-benar dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis yang disarankan. Mengingat hampir sebagian besar buah mangrove mengandung tanin yang bersifat racun, maka proses penghilangan racun ini, memang menjadi hal utama yang harus dicermati.

Setelah tanin bisa aman “dikeluarkan” dari buah-buahan mangrove, maka langkah selanjutnya tidak akan terlalu menjadi masalah. Artinya, proses pembuatan tiga makanan dan satu minuman di atas, bisa dilakukan seperti kita membuat makanan dan minuman biasa. Rasa yang ditawarkan mangrove untuk setiap produknya yang berhasil kita olah, ternyata memberikan sensasi rasa yang sangat khas dan berbeda.

Rasa pahit dan tawar yang “terkandung” di buah Lindur (Bruguiera gymnorrhiza) misalnya, serta merta berubah menjadi sangat manis, legit dan gurih pada saat menjadi cake atau kue bolu. Tak hanya itu, buah Sonneratia (Bogem atau Pidada), juga semakin lezat saja, begitu disulap menjadi jenang, sirup, dodol dan kerupuk mangrove.

Diversifikasi produk-produk yang berasal dari buah-buahan mangrove, seperti Bruguiera, Sonneratia, Avicennia, Acanthus, Hibiscus dan lain-lain, tentu saja sangat diperlukan untuk mempopulerkan mangrove ke kalangan masyarakat Indonesia dan dunia. Tapi, tentu saja pemberdayaan buah-buah mangrove dari segi ekonomi ini, bukanlah dimaksudkan untuk mengeksploitasinya secara berlebihan melainkan hanya ditujukan untuk lebih memasyarakatkan mangrove ke kalangan yang lebih luas, lagi. Salam MANGROVER!

Iklan

25 thoughts on “Ini Dia, Jenang, Kerupuk, Sirup dan Dodol Mangrove

  1. Salam MANGROVER!

    KeSEMaT – Semarang, Ibu Lulut Surabaya, LPP Mangrove Jakarta dan Ibu Diah UNTAG Semarang, adalah organisasi dan perorangan yang telah mengolah mangrove menjadi bahan makanan dengan tujuan untuk memperkenalkan manfaat mangrove secara lebih luas lagi ke masyarakat. Bapak bisa menghubungi beberapa personel yang telah kami sebutkan, tersebut.

    Semangat MANGROVER!
    http://www.kesemat.undip.ac.id

  2. saya pemerhati mangrove di timor leste, mungkin proses pengolahan makanan dari buah mangrove adalah salah satu jalan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya mangrove. maka dengan ini saya mau minta petunjuk lengkapnya dari proses pengoleksian buah, pengolahan dan konsumsi, klo bisa minta emailnya ibu lulut.makasih salam mangrove

  3. bukane foto jenang ama sirup bogem yg ada di atas pnya p.soni kok ndk disebut nama yg pnya sih?…,aq pernah beli and pelatihan juga.tlng di sebutin nama yg pnya donk kasihan loo

  4. @dita: Tentu saja Anda salah, Mbak/Ibu Dita. Semua foto di atas adalah foto-foto KeSEMaT. Dan mohon maaf, kami juga kurang mengetahui siapa Bapak Soni.

    Foto di atas adalah foto pelatihan pada saat pelatihan pembuatan makanan dan minuman mangrove dalam program Mangrove REpLaNT (MR) yang diadakan oleh KeSEMaT, yang diikuti oleh ratusan orang peserta.

    Kami agak heran, mengapa Anda memiliki pemikiran bahwa foto di atas ini adalah foto Bapak Soni, tanpa membaca terlebih dahulu artikel-artikel mengenai MR 2009.

    Sayang sekali, Anda tidak mengikuti pelatihan pembuatan makanan dan minuman mangrove tersebut di Mangrove REpLaNT 2009 di bulan Juli kemarin, yang setiap tahun pasti kami adakah secara rutin.

    Apabila mengikutinya, pasti Anda tidak akan ada pemikiran seperti ini.

    Demikian, kalau mau ikut pelatihan makanan dan minuman KeSEMaT, kami undang anda untuk mengikuti pelatihannya di MR 2010, pertengahan tahun ini.

    Semangat MANGROVER!

  5. Salam MANGROVER!

    Jl. Wonorejo Timur (PLN) Gang Sonneratia No. 2
    Rungkut Surabaya.

    Mohon, bila Anda ke Pak Sonny, bisa menginformasikan kepada beliau bahwa Anda mendapatkan alamat beliau dari KeSEMaT. Terima kasih.

    Semangat MANGROVER!

  6. ka. minta kontak perdonnya… saya sangat tertarik sekali… kalau bisa balas ini secepatnya…
    terimakasih

  7. aulia :

    ka. minta kontak perdonnya… saya sangat tertarik sekali… kalau bisa balas ini secepatnya…
    terimakasih

    Sudah kami kirimkan nomor HP dan alamat Ibu Lulut ke email Anda. silahkan dicek, ya. Semoga bermanfaat. 🙂 Semangat MANGROVER!

  8. THANKS INFOX…SUMBAWA MEMILIKI POTENSI MANGROVE YANG SANGAT BANYAK….TLNG KIRIMKAN KONTAK PERSON NYA YA UNTUK DISKUSI LEBIH LANJUT
    THANKS

  9. Salam Mangrovers,,
    Boleh saya minta alamat lengkap ibu lulu yang disurabaya dan kontak person yang bisa saya hubungi????
    Terima kasih

  10. kakak saya mau tanya nie kalau buah bakau yg jenis RHIZOPORA APICULATA n R. MUCRONATA bisa di olah mjadi panganan ap?lz4

  11. Kami dari desa pesisir di kalimantan barat, bermaksud ingin berkunjung dan mempelajari lebih lanjut pengembangan produk turunan mangrove dan yg sesuai dengan daerah kami. Mohon kontak Person yg dapat kami hubungi. Tks

  12. saya rimby dari sekolah kreatif,boleh saya minta alamat dan kontak bu lulut?mohon kirim ke alamat email kami (rimby_nov@yahoo.co.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s