Hasil Penyuluhan Mangrove KeSEMaT dan BINTARI di Desa Tapak Semarang

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 12 September 2009, mulai pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB, KeSEMaTERS telah melakukan penyuluhan mangrove kepada para petambak dan nelayan di Desa Tapak Semarang. Penyuluhan mangrove ini, bertujuan untuk memberikan informasi mengenai teknik rehabilitasi mangrove terutama pada tahapan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove.

Penyuluhan mangrove ini, adalah kelanjutan dari proyek mitigasi bencana dan rehabilitasi mangrove hasil kerjasama KeSEMaT, BINTARI dan FoE Jepang. Penyuluhan dipimpin langsung oleh Sdr. Arief Marsudi Harjo (KIKAMaT) yang dihadiri juga oleh Sdr. Aris Priyono (DK), Sdr. Muhamad Ikhsan S. H. (IKAMaT), Sdr. Faradhian Fahmi (DP), Sdr. Windy Indra Ardiansyah (DP) dan Sdr. Farhan Pramudito (MENPORSI). Dalam penyuluhan teknik pembibitan, penanaman dan pemeliharaan yang disampaikan oleh Sdr. Aris Priyono dan Sdr. Arief Marsudi Harjo ini, materi lebih ditekankan kepada berbagai metode aplikatif hasil dari pengalaman KeSEMaT dan para mitra kerjanya di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, yang disampaikan dengan cara diskusi interaktif.

Para petani tambak dan nelayan yang mengikuti penyuluhan mangrove ini, sebelumnya juga telah diberikan kesempatan oleh KeSEMaTERS untuk menyampaikan pengalaman mereka terlebih dahulu, dalam melakukan tahapan pembibitan dan penanaman mangrove, berikut kendala yang dihadapi. Selanjutnya, setelah sesi presentasi selesai, barulah Sdr. Aris Priyono memberikan jawaban atas semua pertanyaan dan kendala yang dihadapi tersebut, sembari memberikan penjelasan mengenai metode rehabilitasi mangrove yang baik dan benar.

Penyuluhan mangrove di hari itu, diakhiri dengan penjelasan dari Sdr. Abdul Rofiq (BINTARI), yaitu tentang akan dimulainya pembangunan bedeng persemaian mangrove, untuk melaksanakan langkah pertama dalam tahapan pembibitan mangrove. Sebelum ditutup, KeSEMaT, BINTARI dan para petani tambak dan nelayan menyempatkan diri untuk berfoto bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s