KC 2009: Kisah Pencarian Artikel Mangrove Inspiratif Inisiasi Pelajar SMA dan SMK se-Indonesia

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Di saat para mahasiswa di universitas kami, yaitu Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Jawa Tengah dan atau juga mungkin di universitas lainnya di Indonesia, sudah menyelesaikan jadwal kuliah terakhirnya semenjak beberapa hari yang lalu, kami para KeSEMaTERS, masih saja bandel untuk memutuskan tetap bekerja di Kantor KeSEMaT yang bersahaja.

Jadwal libur di kantor kami, yang ditetapkan satu hari sebelum Idul Fitri 1430 H, telah memberikan kami waktu yang cukup untuk bekerja demi mangrove, yaitu mempersiapkan pelaksanaan KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2009: Lomba Penulisan Artikel Mangrove Tingkat SMA dan SMK se-Indonesia.

Maka, lihatlah. Di atas ini adalah foto kami, pada saat menyebarkan Poster KC 2009 di berbagai sudut kota Semarang. Tak hanya menyebarkan poster-KC 2009-fisik di Semarang saja, para KeSEMaTERS, IKAMaTERS dan KeMANGTEERS yang berdomisili di luar Semarang-pun, telah berbaik hati membantu kami dalam menyebarkan poster-poster KC 2009 ke seluruh provinsi di Indonesia. Lalu, tak lupa poster-KC-non fisik juga telah kami sebarkan melalui Jaringan KeSEMaTONLINE yang memang memiliki networking sangat luas.

KC 2009 sendiri, adalah sebuah usaha kami untuk menyebarluaskan pengetahuan dan informasi mangrove kepada adik-adik kami, yaitu para pelajar SMA dan SMK di seluruh Indonesia. Kami ingin mengetahui sampai sejauh mana ilmu mangrove telah dimiliki oleh para rekan-rekan muda kami, ini. Sebuah pemikiran bahwa pengelolaan mangrove tak melulu harus dibebankan kepada para generasi tua melainkan juga wajib dimengerti oleh para generasi muda, membuat kami merasa terpanggil untuk menyelenggarakan KC 2009, yang mencoba untuk menampung dan menyeleksi artikel-artikel mangrove yang berkonsep aplikatif untuk kemudian dipilih dan disaring pemenangnya, guna kami jadikan sebuah media publikasi di dalam Jaringan KeSEMaTONLINE. Hal ini, semata-mata bertujuan agar para siswa/siswi lainnya di Indonesia dan dunia terinspirasi untuk mulai bersama-sama melakukan hal yang sama.

Siang malam, kami telah bekerja. Seolah tak pernah lelah, beberapa artikel mangrove yang telah masuk, mulai kami seleksi. Penentuan artikel mangrove terbaik versi kami, sebenarnya tidak terlalu berat. Sebuah kisah inspiratif tentang sebuah pergerakan mangrove yang akan, sedang dan telah dilakukan oleh para pelajar SMA dan SMK di berbagai pesisir Indonesia, itulah yang kami cari. Menurut sebuah survei yang telah kami lakukan beberapa waktu yang lalu dalam sebuah program mangrove, yaitu Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, mengisyaratkan bahwa adik-adik kami itu, ternyata juga telah memiliki inisiatif yang tinggi dalam menyelenggarakan sebuah Gerakan Rehabilitasi Mangrove Mandiri (GERMANDI). Organisasi intra sekolah mereka seperti OSIS dan Pramuka, misalnya, tercatat telah beberapa kali mengadakan program penanaman mangrove dengan konsep yang sederhana.

Maka, untuk menampung “gejolak” konservasi mangrove mereka yang menggebu inilah, kami berniat untuk mewadahi cerita-cerita inspiratif pergerakan mangrove mereka di dalam KC 2009, ini. Sebuah penghargaan atas inisiasi dan kinerja mereka dalam turut serta merehabilitasi ekosistem mangrove di Indonesia ini, kiranya sudah sewajibnya kita dukung, hargai dan apresiasi penuh. Sampai dengan artikel ini ditulis, sudah ada puluhan artikel mangrove yang masuk. Kami berharap, dengan jangka waktu pengiriman artikel mangrove yang kurang lebih sebulan penuh, maka akan lebih banyak lagi kisah-kisah inspiratif yang bisa ditulis oleh adik-adik kami, para pemuda dan pemudi penerus pergerakan mangrove kita, ini. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s