Lagi, KeSEMaT Melakukan Monitoring Pembibitan Mangrove di Dusun Tapak Semarang

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 24 dan 31 Oktober 2009, secara berturut-turut, KeSEMaT telah melakukan monitoring pembibitan propagul mangrove di Dusun Tapak – Semarang, yang saat ini memang menjadi lokasi proyek “Pengelolaan Mangrove Berkelanjutan sebagai Upaya Adaptasi Perubahan Iklim di Pesisir Kota Semarang,” hasil kerjasama Yayasan BINTARI, KeSEMaT dan FoE Jepang.

Dalam kesempatan ini, Sdr. Aris Priyono (DK) dan Sdr. Arief Marsudi Harjo (KIKAMaT), selaku perwakilan dari KeSEMaT, bertindak sebagai konsultan ahli dalam proyek ini. Dalam setiap minggunya, program monitoring dilakukan mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Berbagai hal telah disampaikan oleh para KeSEMaTERS, berkaitan dengan metode dan teknik pembibitan mangrove yang telah dilaksanakan oleh kelompok tani di Dusun Tapak. Pengetahuan tentang naungan, kanopi, jenis mangrove, substrat, hama, bentuk bedeng, ekologi mangrove, dan lain-lain, adalah beberapa hal yang telah disampaikan dan ditularkan oleh kedua konsultan mangrove di atas, kepada mereka.

Sementara itu, jenis mangrove yang dibibitkan berjumlah kurang lebih puluhan ribu propagul, yang terdiri dari dua spesies yang mendominasi dan bisa hidup baik di lokasi, yaitu Rhizophora mucronata dan R. stylosa.

Program monitoring ini, akan terus diadakan sampai dengan tiga bulan ke depan, sampai dengan waktunya tahapan selanjutnya, yaitu tahapan penanaman mangrove dilaksanakan. Direncanakan, penanaman mangrove akan dilakukan di sepanjang pesisir Dusun Tapak, yang saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Tahapan penanaman, direncanakan akan melibatkan instansi pemerintah kota, perwakilan universitas, LSM, sektor swasta dan wakil kelompok masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s