Tips Jitu Membedakan Avicennia dan Rhizophora!

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Melalui Jaringan KeSEMaTONLINE, beberapa Rekan kami, (masih saja) menanyakan mengenai perbedaan Avicennia dan Rhizophora. Walaupun secara tersirat, di dalam Jaringan KeSEMaTONLINE, sudah seringkali ditampilkan foto-foto kedua spesies ini, namun nampaknya masih ada yang belum mengerti mengenai perbedaan Avicennia dan Rhizophora, terutama apabila dilihat dari segi fisiknya dari kejauhan.

Baiklah, untuk lebih memperjelas perbedaan antara Avicennia dan Rhizophora, kami persilahkan Anda untuk melihat foto di atas. Dua buah tumbuhan di sebelah kiri, yang warna hijaunya lebih cerah, itu adalah Rhizophora. Demikian juga dengan pepohonan yang berada paling belakang yang berwarna sama, itu adalah (juga) Rhizophora (di masyarakat kita, lebih dikenal dengan istilah bakau). Sementara itu, tumbuhan yang berada di sebelah kanan, yang berbentuk membundar dan berukuran lebih besar dengan warna hijau agak gelap, itu adalah Avicennia.

Bagi orang awam, atau masyarakat yang memang tidak mendalami mangrove secara detail, memang terkadang agak sulit untuk membedakan yang mana Avicennia dan Rhizophora, terutama apabila dilihat dari kejauhan. Bentukan mangrove yang bergerombol dan berjajar di sepanjang pantai, (memang) akan nampak sama saja, kalau kita tidak cermat dalam mengamatinya. Namun demikian, jangan khawatir, kami memiliki tips jitu untuk membedakan Avicennia dan Rhizophora.

Tips jitu untuk membedakan Avicennia dan Rhizophora adalah dengan cara melihat akarnya! Akar Rhizhopora nampak jelas seperti lengan gurita atau cakar ayam yang menghujam ke tanah, sedangkan akar Avicennia, hanya terlihat samar bahkan terkadang tidak terlihat karena bentuknya yang mencuat dari akar tanah, bagaikan “pensil-pensil kecil.”

Silahkan Anda cermati kembali foto kami di atas. Foto vegetasi mangrove Tanggul Tlare – Jepara, yang memang sengaja kami ambil dari jarak jauh ini, memperlihatkan bahwa tumbuhan yang terletak di sebelah kiri, yang memiliki daun hijau cerah, memiliki tipe akar lengan gurita atau cakar ayam. Maka, dengan mudahnya, kami bisa mengenalinya sebagai Rhizophora. Lalu, tumbuhan yang berada di sebelah kanannya, yang di sekelilingnya dipenuhi dengan “akar-akar pensil” yang nampak keluar dari permukaan air, tentu saja, itu adalah Avicennia. Nah, mudah bukan?

Walaupun masih ada banyak lagi perbedaan, yang bisa diidentifikasi dari kedua jenis ini, namun perbedaan fisik akar inilah yang paling mudah dan gampang bagi KeSEMaTERS, terutama di saat menjawab pertanyaan pengunjung MECoK, yang datang ke pusat pendidikan mangrove kami, di Teluk Awur, Jepara. Demikian, semoga tips sederhana ini, bisa membantu Anda dalam mengenali dengan mudah dan cepat, yang mana Avicennia dan Rhizophora. Silahkan Anda mempraktekkannya dan selamat menjadi taksonom-mangrove, ya. Salam MANGROVER!

2 thoughts on “Tips Jitu Membedakan Avicennia dan Rhizophora!

  1. Sayang banget ya.. Berarti mesti banyak baca buku, contohnya botany? of mangrove-nya mas hogarth dan sekali-kali ajak ke lapangan..

  2. Salam MANGROVER!

    Begitulah adanya, Mas. Sedikit memberikan informasi, kalau Botany of Mangrove, itu “milik” Tomlinson, Mas. Untuk Hogarth, bukunya berjudul “The Biology of Mangroves.” Demikian, Mas.

    Semangat MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s