KeSEMaT Menanam Avicennia di Pertambakan Dusun Tapak Semarang

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 16 Desember 2009, dalam rangka membantu Kelompok Tani Tambak Sido Rukun, Dusun Tapak Semarang, KeSEMaT yang diwakili oleh jajaran Kabinet KeSEMaT dan Direksi IKAMaT, yang dipimpin oleh Sdr. Faradhian Fahmi (DP KeSEMaT) dan Bapak Arief Marsudi Harjo (Direktur IKAMaT) beserta seorang KeMANGTEER, yaitu Sdr. Gotty dari mahasiswa S2 Universitas Los Banos Philipina, telah melakukan penanaman mangrove jenis Avicennia sp, di area pertambakan warga setempat. Penanaman di pematang tambak ini, dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan penanaman mangrove konsep silvofishery demi peningkatan produktivitas tambak.

Selain KeSEMaT, penanaman mangrove diikuti juga oleh dua kelompok dari warga setempat, yaitu Persatuan Remaja Pecinta Alam Tapak (PRENCIAK) dan Krida Mandala. Penanaman mangrove dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Penanaman dilakukan di sebuah tambak warga sebagai sebuah pilot project bagi area pertambakan lainnya. Apabila berhasil, maka konsep silvofishery ini direncanakan akan diaplikasikan di area pertambakan warga lainnya.

Kegiatan ini, akan dilanjutkan dengan program penanaman mangrove jenis lainnya, yaitu Rhizophora dan pembangunan Alat Pemecah Ombak (APO) di bibir pantai yang direncanakan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, mendatang. Beberapa stake holder mangrove dari Semarang, direncanakan akan menghadiri program penanaman mangrove ini, yang merupakan proyek rehabilitasi mangrove hasil kerjasama KeSEMaT, Yayasan BINTARI, FoE Jepang dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s