Penjelasan KeSEMaT Mengenai Iklan di Jaringan KeSEMaTONLINE

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Jikalau Anda adalah “penggemar berat” Jaringan KeSEMaTONLINE, tentu saja Anda dengan mudah akan menemukan beberapa buah iklan yang terpasang di KeSEMaTBLOG. Iklan-iklan yang ada KeSEMaTBLOG bervariasi, mulai dari iklan buku mangrove, iklan afiliasi jejaring sosial seperti Amazon, Yuwie dan Twittad, iklan cara memonitized blog, kursus bahasa online, iklan adsense dari Google, dan lain sebagainya. Selain di KeSEMaTBLOG, di Jaringan KeSEMaTONLINE lainnya, yaitu KeSEMaTFACEBOOK dan KeSEMaTWITTER, juga terpasang iklan komersil yang berasal dari berbagai situs penyedia iklan semisal Tweetburn, Twivert dan lain sebagainya. Tak hanya di KeSEMaTBLOG, KeSEMaTFACEBOOK dan KeSEMaTWITTER saja, bahkan jika Anda membuka Jaringan KeSEMaTONLINE lainnya, yaitu KeSEMaTYUWIE dan KeSEMaTFORUM, iklan akan silih berganti muncul di bagian atas, bawah, kanan dan kirinya.

Sejarah Iklan di Jaringan KeSEMaTONLINE
Memang, di tahun 2010 ini, setelah dibangun mulai dari tahun 2007, Jaringan KeSEMaTONLINE yang terdiri dari puluhan website dan jejaring sosial lainnya, adalah situs mangrove-sibuk yang setiap hari dikunjungi oleh ratusan bahkan mungkin ribuan visitor dari berbagai belahan dunia. Untuk itulah, para pemilik dan penyedia iklan, juga seringkali berlomba-lomba menghubungi KeSEMaT, agar diijinkan untuk mengiklankan produk-produknya di Jaringan KeSEMaTONLINE. Awalnya, kami berpikir bahwa tidak layak kiranya, apabila Jaringan KeSEMaTONLINE yang notabene berisi informasi dan kampanye mengenai mangrove, disusupi iklan yang bisa mengakibatkan pada agak “tercemarnya” informasi mangrove yang kami kampanyekan oleh keberadaan iklan-iklan, tersebut.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kami merasa bahwa kami perlu ruang yang lebih lebar dan luas lagi, agar informasi mangrove kami tidak terasa terlalu eksklusif, tidak egois, dan tidak melulu tidak out of the box. Kami perlu tempat yang lebih besar lagi agar mangrove tak hanya bisa dinikmati oleh satu komunitas lingkungan dan mangrove saja, tetapi juga bisa menjangkau dua, sepuluh, tiga puluh, seratus dua, seribu satu bahkan jutaan komunitas di luar komunitas mangrove dan lingkungan. Pemikiran ini kami amini, karena pengetahun mangrove sejatinya masih mengalami perkembangan sehingga wajib dikampanyekan kepada komunitas yang lebih luas lagi. Untuk itulah, para pemilik dan penyedia iklan, kami anggap sebagai mitra-kerja-maya kami, yang mampu menyediakan sebuah ruang yang sangat besar berupa sebuah komunitas baru di luar komuniitas mangrove dan lingkungan, tersebut.

Selanjutnya, mengingat mangrove adalah pengetahuan tak populer yang hanya memiliki satu bidang kajian saja pun sangat terbatas sekali komunitas penikmatnya, awalnya di tahun 2007, kami tidak merasa yakin bahwa para pemilik dan penyedia iklan akan menawarkan apalagi memasang iklannya di Jaringan KeSEMaTONLINE. Di awal berdirinya jaringan mangrove ini, kami memang hanya memfokuskan diri kepada isi dari jaringan mangrove ini saja, sembari berharap ada satu dua buah pengiklan yang melirik situs mangrove ini. Hingga pada suatu waktu di tahun keduanya, dugaan kami yang menganggap bahwa tema mangrove yang kami usung tidak akan pernah dilirik apalagi dijamah oleh para pemasang, mulai sirna. Sedikit demi sedikit, setelah kami terus bekerja keras setiap hari, dalam memperbaharui jaringan mangrove kami, para advertiser mulai mendekati kami. Seiring dengan semakin tingginya page rank Jaringan KeSEMaTONLINE di Google, Technocrati dan Alexa, tiga buah situs yang mencatat seberapa impresifkah situs kita, maka mulailah era iklan di Jaringan KeSEMaTONLINE.

Permasalahan Iklan di Jaringan KeSEMaTONLINE
Awal era iklan dimulai di Jaringan KeSEMaTONLINE, baru satu dua buah iklan saja yang tampil dan terpasang, secara manual. Namun, begitu nama KeSEMaT makin populer dari tahun ke tahun, maka semakin banyak pulalah iklan yang ikut tampil dan ditampilkan di Jaringan KeSEMaTONLINE, seperti di KeSEMaTBLOG dan KeSEMaTNURSERY, dengan tujuan agar informasi mangrove bisa lebih menggurita di berbagai komunitas di seluruh dunia.

Dengan semakin banyaknya iklan yang ingin diiklankan di Jaringan KeSEMaTONLINE, maka pada akhirnya mau tidak mau kami harus meninggalkan cara lama dalam mengatur lalu lintas iklan yang keluar masuk di jaringan mangrove kami. Pengaturan iklan secara manual mulai kami tinggalkan dan memindahkannya ke pengaturan otomatis, dimana iklan-iklan yang masuk di Jaringan KeSEMaTONLINE, tidak lagi harus kami terima satu persatu melainkan bisa secara otomatis masuk ke jaringan kami. Hal ini kami rasa akan lebih mempermudah kinerja kami dalam memperkaya content Jaringan KeSEMaTONLINE sehingga kami tidak terlalu “direcoki” dengan pengaturan manual iklan-iklan yag setiap hari datang dan pergi di jaringan mangrove, kami.

Akibat dari pengaturan otomatis ini, maka terkadang ada satu dua buah iklan yang tiba-tiba masuk status di KeSEMaTFACEBOOK , KeSEMaTWITTER dan seterusnya, yang kiranya agak mengganggu para penikmat Jaringan KeSEMaTONLINE. Walaupun sudah seringkali kami jelaskan kepada para Rekan di Jaringan KeSEMaTONLINE mengenai fenomena iklan di KeSEMaTFACEBOOK, namun pertanyaan mengapa iklan bisa masuk di KeSEMaTFACEBOOK, selalu saja terulang. Mengingat Jaringan KeSEMaTONLINE adalah saling terhubung dan terafiliasi satu dengan yang lainnya, maka iklan yang seharusnya hanya terpasang di KeSEMaTBLOG saja, dan tidak diperuntukkan bagi KeSEMaTFACEBOOK, maka secara otomatis, iklan-iklan tersebut pada akhirnya bisa memasuki ranah KeSEMaTFACEBOOK, juga.

Untuk mengatasi permasalahan ini, maka empat langkah akan, sedang dan sudah kami kerjakan, diantaranya, yaitu (1) memutus hubungan antara satu link dengan link lainnya, (2) mengurangi penayangan iklan yang berlalu-lalang di Jaringan KeSEMaTONLINE, (3) mencari iklan yang sesuai dengan isi Jaringan KeSEMaTONLINE dan (4) menghentikan iklan-iklan yanga ada di Jaringan KeSEMaTONLINE.

Untuk poin pertama, hal ini sudah kami lakukan, namun kiranya kurang maksimal, karena apabila kami memutuskan hubungan antara KeSEMaTFACEBOOK dan KeSEMaTWITTER, misalnya, maka pada akhirnya beberapa berita mangrove yang ada di KeSEMaTFACEBOOK tidak lagi akan bisa secara otomatis memasuki KeSEMaTWITTER dan demikian sebaliknya. Hal ini, tentu saja akan sedikit merugikan, karena kami tidak bisa secara cepat memberikan informasi mangrove kepada peminat KeSEMaTWITTER dan KeSEMaTFACEBOOK secara lebih cepat, dimana keduanya memiliki komunitas yang sangat besar. Pemutusan hubungan ini, juga akan berakibat pada lambatnya kinerja kami dalam upaya pemfokusan diri kepada content Jaringan KeSEMaTONLINE, yang telah kami sebutkan di atas, karena kami harus mengatur keduanya secara manual, lagi.

Selanjutnya, hal kedua, yaitu pengurangan penayangan iklan, hal inilah yang telah kami lakukan, dimana iklan-iklan yang masuk di Jaringan KeSEMaTONLINE, terutama di KeSEMaTWITTER, hanya akan tayang satu kali saja dalam sehari. Kalaupun terjadi dua atau tiga kali penayangan, hal itu karena proses penggandaan, sebagai akibat dari konektivitas antara puluhan jejaring sosial yang terafiliasi di Jaringan KeSEMaTONLINE.

Hal ketiga, yaitu mencari iklan yang sesuai dengan isi Jaringan KeSEMaTONLINE, telah pula kami lakukan. Namun, sekali lagi, hal ini terasa juga belum maksimal, karena terkadang walaupun pada saat pengaturan awalnya, telah disepakati bersama bahwa hanya iklan bertema lingkungan saja yang akan muncul di Jaringan KeSEMaTONLINE (sehubungan dengan tema mangrove jarang sekali ditemukan), namun masih ada saja, beberapa penyedia iklan yang agak “nakal” dengan memasukkan iklan-iklan yang tidak berhubungan. Hal ini, tentu saja di luar kekuasaan kami.

Poin keempat, yaitu menghentikan iklan, untuk saat ini terasa agak sulit kami lakukan, mengingat tujuan dasar dari kami di atas, yaitu kebutuhan akan ruang yang lebih lebar dan luas lagi, agar informasi mangrove kami tidak terasa terlalu eksklusif, tidak egois, dan tidak melulu tidak out of the box. Selain itu, hubungan baik yang telah kami jalin dengan para mitra kerja kami, yaitu para penyedia iklan, juga menjadi dasar kuat, mengapa poin terakhir ini, belum bisa kami realisasikan.

Maka, untuk menjembatani hal-hal tersebut di atas, untuk saat ini, (1) KeSEMaT masih menayangkan iklan di Jaringan KeSEMaTONLINE dengan pengawasan yang lebih ketat dari sebelumnya, untuk memberikan pelayanan sosial yang lebih baik lagi kepada masyarakat yang ternyata begitu peduli dengan Jaringan KeSEMaTONLINE , sekaligus (2) telah membuat dua buah jaringan mangrove yang terafiliasi dengan Jaringan KeSEMaTONLINE yang sama sekali tidak terjamah dengan iklan sama sekali, yaitu KeSEMaTONLINE http://www.kesemat.undip.ac.id dan KeSEMaTWORDPRESS http://www.kesematindonesia.wordpress.com. Dua buah jaringan terakhir ini, bisa Anda manfaatkan apabila Anda agak terganggu dengan iklan yang ada di KeSEMaTBLOG, KeSEMaTFACEBOOK atau KeSEMaTWITTER, misalnya.

Iklan Adalah Fundraising
Terakhir, kami sejatinya bangga, bahwa di awal tahun 2010 ini, ternyata kerja keras kami dalam mengkampanyekan mangrove di dunia maya mendapat perhatian yang sangat besar, baik dari pemasang iklan, peminat Jaringan KeSEMaTONLINE, dan masyarakat Indonesia dan dunia yang tidak pernah bosan memberikan kritik dan saran kepada kami melalui email ataupun komentar-komentarnya di Jaringan KeSEMaTONLINE, demi kemjuan jaringan mangrove kami, yang sekarang ini telah menjadi jaringan mangrove bersama.

Sebagai penutup, terlepas dari permasalahan iklan di Jaringan KeSEMaTONLINE, di atas. Iklan, sebenarnya adalah sebuah fundraising bagi kami. Hidup matinya, Jaringan KeSEMaTONLINE, sedikit banyak juga dipengaruhi dari hasil pemasukan iklan yang kami dapatkan. Beberapa rupiah, yang bisa kami dapatkan dari pemasukan iklan, kami donasikan langsung untuk membiayai program-program mangrove kami dan sisanya kami anggarkan untuk keberlanjutan pengelolaan Jaringan KeSEMaTONLINE, agar kami terus bisa memberikan pelayanan sosial berupa berita, informasi dan kampanye mangrove kepada masyarakat Indonesia dan dunia. Demikian, semoga dengan hadirnya artikel ini, sedikit banyak bisa menjawab pertanyaan mengenai keberadaan iklan di Jaringan KeSEMaTONLINE. Salam MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s