Ditemukan, Ikan Raksasa Mangrove Kumai!

Kumai – KeSEMaTWORDPRESS. Selesai bekerja dalam menyurvei keanekaragaman jenis mangrove di pedalaman hutan mangrove Kumai, Kalimantan Tengah, dalam perjalanan pulang menuju muara, speedboat kami berpapasan dengan perahu nelayan setempat yang sedang menjaring ikan. Tertarik dengan hasil ikan yang didapatkan, dimana dari kejauhan kami melihat adanya ikan berukuran super besar berwarna oranye, maka kami meminta kepada Bapak Suriansah, sang Pemandu kami, untuk menghentikan laju perahu kami, dengan tujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang ikan raksasa, tersebut.

Setelah perahu kami mendekati perahu nelayan tadi, sang Bapak Nelayan berbaik hati mempersilahkan kami untuk “berkunjung” ke perahu mereka. Sambil melihat tangkapan beragam ikan yang ada, kami langsung saja memfokuskan diri kepada ikan oranye berukuran super besar, yang sedari tadi telah membuat kami penasaran. Tak sabar, ikan raksasa itu kami angkat dan kami foto untuk diabadikan, dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para peminat Jaringan KeSEMaTONLINE.

Hasilnya, lihatlah foto di atas, salah seorang KeSEMaTER, yaitu Bapak Andi Rahman (IKAMaT) nampak sedang memegang ikan super besar berwarna oranye, yang berukuran hampir sama dengan setengah tubuhnya. Menurut Bapak Nelayan, ikan ini bernama Ikan Benuhu. Lambungnya, berharga sangat mahal dan mendatangkan keuntungan besar karena diekspor ke Singapura untuk bahan obat-obatan, dengan harga jutaan. Ikan ini ditangkap di perairan sekitar mangrove. Namun sayang, sewaktu kami menanyakan lebih lanjut mengenai Ikan Benuhu ini, sang Nelayan belum banyak mengetahui informasi mengenainya, termasuk nama latinnya.

Untuk itulah, jika ada diantara para peminat Jaringan KeSEMaTONLINE yang adalah seorang taksonom dan atau masyarakat yang memiliki cerita dan pengalaman dengan ikan ini, mohon bisa berbagi dengan kami dengan cara memberikan informasi tambahan mengenai nama ilmiah, habitat, tingkah laku dan sebagainya. Yang jelas, keberadaan Benuhu yang berhasil ditangkap di sekitar perairan hutan mangrove, menunjukkan bahwa mangrove terbukti memiliki manfaat yang sangat besar, tak hanya bagi ikan raksasa ini, tetapi juga bagi nelayan setempat yang telah berhasil “mengais” rupiah dari penjualan lambung Ikan Raksasa Mangrove Kumai, ini. Salam MANGROVER!

4 thoughts on “Ditemukan, Ikan Raksasa Mangrove Kumai!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s