Pendaftaran Peserta MANGROVE CULTIVATION 2010 : Seminar Nasional, Pelatihan, Penyuluhan, Pembibitan dan Penyulaman Mangrove Telah Dibuka

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Dengan ini, diumumkan kepada para pelajar, mahasiswa, LSM, dinas pemerintahan dan lingkungan terkait, swasta, masyarakat dan stakeholder mangrove lainnya di seluruh Indonesia, bahwa KeSEMaT kembali menyelenggarakan program nasional tahunannya yang akan melibatkan ratusan peserta dari seluruh Indonesia, yaitu MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010 : Seminar Nasional, Pelatihan, Penyuluhan, Pembibitan dan Penyulaman Mangrove. Bagi yang tertarik untuk mengikuti MC 2010, formulir pendaftaran, pamflet, leflate dan informasi selengkapnya bisa diunduh dan dicermati di bawah ini.

LATAR BELAKANG

Hutan mangrove adalah hutan yang terdapat di sepanjang pantai atau muara sungai dan dipengaruhi oleh gerakan pasang surut air laut. Hutan mangrove di Indonesia merupakan salah satu yang terluas di dunia, yaitu mencapai 25% dari total luas hutan mangrove dunia. Ekosistem mangrove memiliki fungsi yang sangat penting secara ekologi dan ekonomi, baik untuk masyarakat lokal, regional, nasional maupun global. Namun demikian, hutan mangrove mendapatkan tekanan yang sangat tinggi akibat perkembangan infrastuktur, pemukiman, pertanian, perikanan, dan industri. Salah satu tekanan yang menyebabkan kerusakan hutan mangrove di Indonesia adalah proyek reklamasi pantai demi pemenuhan kebutuhan manusia dimana hampir 60% penduduk Indonesia bermukim di wilayah pantai. Selanjutnya, diperkirakan sekitar 200.000 ha mangrove di Indonesia telah mengalami kerusakan setiap tahunnya.

Untuk itulah, maka pemanfaatan potensi kawasan mangrove sebagai ekowisata menjadi sebuah alternatif dalam usaha konservasi ekosistem mangrove karena berfokus pada keutuhan wilayah alam dan pemeliharaan kondisi alam itu sendiri. Pengelolaan dan pelestarian mangrove bisa diterapkan melalui ekowisata hutan mangrove, dengan berbagai teknik pengelolaan seperti pengelolaan sumber daya pesisir yang berbasiskan masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu, dimana dalam konsep pengelolaan ini melibatkan seluruh stakeholder yang kemudian menetapkan prioritas–prioritas dengan berpedoman kepada tujuan utama, yaitu tercapainya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Mengingat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari keberadaan hutan mangrove, maka masyarakat, khususnya masyarakat pesisir harus turut diberdayakan dalam usaha pelestarian maupun rehabilitasi hutan mangrove tersebut, baik dengan cara memberikan peningkatan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya ekosistem hutan mangrove, maupun dengan turut memberdayakan masyarakat dalam usaha pengelolaan hutan mangrove tersebut, melalui program pembibitan, penanaman dan penyulaman mangrove.

Atas dasar pemikiran tersebut di atas, maka KeSEMaT menyelenggarakan program tahunannya yang bertajuk MC 2010 yang bertujuan menjaga kelestarian dan menumbuhkembangkan rasa kepedulian pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum tentang arti pentingnya ekosistem mangrove.

TUJUAN UMUM

Sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

TUJUAN KHUSUS

1. Meningkatkan pengetahuan peserta akan pentingnya ekosistem hutan mangrove.

2. Memberikan wawasan tentang manfaat pengelolaan dan pelestarian ekosistem hutan mangrove melalui ekowisata hutan mangrove.

3. Memberikan pelatihan kepada peserta tentang tata cara membibitkan, menanam, menyulam dan menjaga kelangsungan ekosistem mangrove.

4. Menyiapkan bibit mangrove sebagai modal untuk penanaman mangrove pada Mangrove REpLaNT 2010.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

1. Seminar Nasional Mangrove For Ecotourism (MFE)

Hari/Tanggal : Sabtu, 8 Mei 2010

Tempat : Ruang Teater Kampus Ilmu Kelautan UNDIP, Teluk Awur, Jepara

2. Pelatihan Pembibitan dan Penyulaman Mangrove

Hari/Tanggal : Sabtu – Minggu, 8 – 9 Mei 2010

Tempat : Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK), Teluk Awur, Jepara

3. Field Trip (FT)

Hari/Tanggal : Minggu, 9 Mei 2010

Tempat : Lokasi Kerajinan Ukir Desa Tahunan Jepara dan Masjid Agung Demak

ACARA

1. MC 2010 akan dibuka secara langsung oleh Bupati Kabupaten Jepara, pada hari Sabtu, 8 Mei 2010.

2. Seminar Nasional bertema MFE akan dikemas dalam format diskusi panel yang akan mempertemukan tiga orang Panelis, yaitu Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) Jakarta, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Jakarta.

3. Pelatihan Pembibitan dan Penyulaman Mangrove akan dibimbing oleh Trainer Pelatihan dari Praktisi Mangrove KeSEMaT dan Kelompok Tani Mangrove Desa Pasar Banggi Rembang.

4. FT akan dilaksanakan di lokasi kerajinan ukir Desa Tahunan Jepara dan Masjid Agung Demak.

PEMBICARA SEMINAR NASIONAL MFE

1. BAKOSURTANAL Jakarta.

2. KKP Jakarta.

3. KLH Jakarta.

TRAINER PELATIHAN PEMBIBITAN DAN PENYULAMAN

1. Praktisi Mangrove KeSEMaT.

2. Kelompok Tani Mangrove Desa Pasar Banggi Rembang.

PESERTA

Para peserta yang akan hadir di MC 2010, yaitu: pelajar, mahasiswa, LSM, dinas pemerintahan dan lingkungan terkait, swasta, masyarakat dan stakeholder mangrove lainnya dari seluruh Indonesia.

UNDANGAN

Para tamu undangan yang akan hadir di MC 2010, yaitu:

1. Pemerintah Kabupaten Jepara : Bupati dan staf Kabupaten Jepara.

2. Dinas Kabupaten Jepara : Dinas pemerintahan dan lingkungan terkait di Kabupaten Jepara.

3. Dosen Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP : Dekan, Pembantu Dekan dan Dosen Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP.

4. LSM Semarang dan Jepara.

5. Swasta.

6. Masyarakat : Kepala Desa dan masyarakat Desa Teluk Awur dan Desa Tanggul Tlare Jepara.

7. KeSEMaTER : Kabinet KeSEMaT Periode 2009/2010, Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT) dan KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER).

FASILITAS

Transport Semarang – Jepara PP, T-Shirt, Konsumsi, Penginapan, Sertifikat, Modul Rehabilitasi Mangrove KeSEMaT, Seminar Kit dan Souvenir.

PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 29 Maret – 23 April 2010.

1. ONLINE

Silahkan isi formulir pendaftaran MC 2010 yang telah Anda unduh dengan lengkap dan segera kirimkan kembali ke email kesemat@undip.ac.id Subject : Nama Anda_Kota_Pendaftaran MC 2010, disertai dengan scan bukti/nota transfer dana Anda. Selanjutnya, kami akan mengirimkan (1) kwitansi kepada Anda, yang wajib disimpan untuk pengambilan fasilitas MC 2010, (2) jadwal acara, (3) tata tertib dan (4) perlengkapan yang harus dibawa, sewaktu melakukan daftar ulang di Semarang.

Formulir Pendaftaran MC 2010

Pamflet MC 2010

Leflate MC 2010

2. KANTOR KeSEMaT

Silahkan datang langsung ke Kantor KeSEMaT

Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275

Jawa Tengah INDONESIA

P. (024) 70527552 F. (024) 7474698

E. kesemat@undip.ac.id W. http://www.kesemat.undip.ac.id/

 

BIAYA

Umum Rp. 200.000,-

Mahasiswa Rp. 160.000,-

Pelajar Rp. 140.000,-

PEMBAYARAN

Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke Nomor Rekening

A.N. : Hilyati Fajrina (Bendahara MC 2010)

Nomor Rekening : 0159294771

Bank : Bank Negara Indonesia (BNI) UNDIP Tembalang Semarang

PERLENGKAPAN

Para peserta dan tamu undangan berpakaian bebas, rapi dan bersepatu pada saat Seminar Nasional dan Pelatihan. Sedangkan, pada saat Pembibitan, Penyuluhan dan Penyulaman Mangrove, berpakaian olahraga.

KONTAK

Segala korespondensi berkenaan dengan MC 2010, bisa dilayangkan kepada:

Sdri. Yulia Ulfah

Menteri Sekretaris KeSEMaT (MENSEK)

HP. 085284374059

Sdr. Radich Arief Nugroho

Menteri Komunikasi dan Publikasi (MENKOMSI)

HP. 085641691114

KANTOR KeSEMaT

Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang 50275

Jawa Tengah INDONESIA

P. (024) 70527552 F. (024) 7474698

E. kesemat@undip.ac.id W. http://www.kesemat.undip.ac.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

One thought on “Pendaftaran Peserta MANGROVE CULTIVATION 2010 : Seminar Nasional, Pelatihan, Penyuluhan, Pembibitan dan Penyulaman Mangrove Telah Dibuka

  1. Ping-balik: Daftar MANGROVE CULTIVATION 2010, yuk! Mari Selamatkan Bumi Kita dari Ancaman Global Warming « KeSEMaTWORDPRESS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s