KeSEMaT Melakukan Survei Buah dan Propagul Mangrove di Ujung Piring Jepara

Ujung Piring – KeSEMaTWORDPRESS. Pada tanggal 5 April 2010 KeSEMaT telah melakukan survei buah dan propagul mangrove untuk persiapan program MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010 yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 – 9 Mei 2010 di Desa Teluk Awur, Jepara. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh para KeSEMaTER yang dipimpin langsung oleh Sdri. Yulia Ulfah (MENSEK) selaku Ketua MC 2010, Sdri. Hilayati Fajrina (MENPUSMAT), Sdri. Aurora Hanifa (MENKORMAT), Sdr. Abdul Muis S. (MENWIRA), Sdr. Tutus Wijanarko (MENPORSI), Sdr. Oky Yuripa Pradana (PRESIDEN), Sdr. Niharul Annas (Anggota) dan Sdr. Tangguh Gilang P. W. (Anggota). Survei mulai dilakukan pada pukul 14.00 WIB – 17.00 WIB di Ujung Piring, Jepara.

Survei difokuskan untuk mencari buah dan propagul mangrove jenis Sonneratia, Rhizophora dan jenis lainnya yang sedang berbuah. Setelah memilah-milah buah dan propagul mangrove yang layak untuk dibibitkan, survei dilanjutkan dengan meninjau kondisi ekosistem mangrove yang ada di Ujung Piring. Hasil yang didapatkan sungguh memprihatinkan, karena terjadi banyak penebangan mangrove di salah satu bagian di Ujung Piring. Selain itu, salah satu jenis mangrove, yaitu Pemphis acidula (Sentigi), juga banyak dialihfungsikan sebagai Bonsai Mangrove (BONROVE) yang dibudidayakan di pekarangan masyarakat sekitar.

Ratusan buah dan propagul mangrove yang berhasil dipetik di Ujung Piring ini, kemudian akan dipergunakan oleh KeSEMaT sebagai bahan pembibitan dan penyulaman mangrove di MECoK, dalam program tahunan KeSEMaT, bertajuk MC 2010 : Seminar Nasional, Pelatihan, Pembibitan, Penyuluhan dan Penyulaman Mangrove, yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 – 9 Mei 2010, mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s