Daftar MANGROVE CULTIVATION 2010, yuk! Mari Selamatkan Bumi Kita dari Ancaman Global Warming

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Sebagian dari kita, tentu saja sudah banyak yang mengetahui bahkan mengerti, apabila kondisi bumi kita, terutama di wilayah pesisirnya, semakin hari semakin memprihatinkan. Gejala subsidence atau penurunan tanah dan penaikan muka air laut atau sea level rise karena pemanasan global, seolah-olah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi kita, apalagi jika kita berpikir jauh ke depan, menerawang bagaimana nantinya nasib anak cucu kita di bumi ini, sepuluh atau dua puluh tahun mendatang (?). Sehubungan dengan hal itulah, maka bagi kita, yang memiliki sedikit rasa kepedulian dengan bumi ini, program tahunan mangrove KeSEMaT yang dikemas dalam seminar nasional, pelatihan, penyuluhan, pembibitan dan penyulaman mangrove berbandol MANGROVE CULTIVATION (MC), rasanya patut dicoba dan diikuti, untuk membantu bumi kita dari ancaman global warming. Pendaftaran MC 2010 sudah dibuka sejak 29 Maret 2010 dan akan ditutup pada tanggal 23 April 2010.

MC sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak program-mangrove-tahunan KeSEMaT yang memfokuskan konsepnya kepada pembibitan mangrove. Pembibitan sebagai bagian penting dari program rehabilitasi mangrove memang menjadi langkah awal bagi keberhasilan program penanaman dan penyulaman mangrove yang merupakan tahapan selanjutnya dalam konsep pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu dan berkelanjutan. Selanjutnya, para pembicara Seminar Nasional (SEMNAS) dan para trainer pelatihan mangrove tingkat nasional, yaitu (1) Ir. Rudolf D. Matindas M.Sc dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) – Jakarta, (2) Ir. Subandono Diposaptono, MENG dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) – Jakarta, (3) Ir. Wahyu Indraningsih dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) – Jakarta, (4) Dr. Rudhi Pribadi dari KeSEMaT Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (JIK UNDIP) – Semarang, dan (5) H. Suyadi dari Kelompok Tani Mangrove Pasar Banggi – Rembang dijadwalkan akan hadir dan memberikan materinya mengenai “MANGROVE FOR ECOTOURISM” (MFE) dan pelatihan tentang “TEKNIK PEMBIBITAN MANGROVE” (TPM) kepada para peserta MC 2010 yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dinas, swasta, LSM, dan stakeholder mangrove dari seluruh Indonesia.

MC 2010 akan difokuskan di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) yang berada di area Kampus dan Asrama JIK UNDIP, Jepara. Selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 7 – 9 Mei 2010, para peserta MC 2010 tak hanya akan mengikuti SEMNAS MFE dan pelatihan TPM saja, melainkan juga akan melakukan banyak kegiatan dan aktivitas konservasi mangrove diantaranya membibitkan mangrove di bedeng persemaian mangrove KeSEMaT di MECoK, mengenal beragam spesies flora dan fauna mangrove, melakukan bersih pantai dan melihat indahnya sunset di Pantai Teluk Awur, menyulam ratusan bibit mangrove, berkunjung ke pusat kerajinan ukir di Jepara, berwisata ke Masjid Agung Demak, bertukar LINK dengan berbagai organisasi dan institusi dari seluruh Indonesia, perang lumpur dan lain-lain. Jadi, tunggu apa lagi? Bagi yang berminat mengikuti kegiatan konservasi penyelamatan pesisir dan bumi dari ancaman pemanasan global, yang di tahun-tahun sebelumnya selalu diikuti oleh ratusan orang dari beragam usia, institusi dan latar belakang ini, silahkan melakukan pendaftaran secara online dan atau langsung berkunjung ke Kantor KeSEMaT di Semarang. Selengkapnya, silahkan KLIK DI SINI. Kami tunggu partisipasi Anda. Semangat MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s