Di Hari Bumi, KeSEMaTER Menyepi!

Semarang – KeSEMaTWORDPRESS. Tak ada kegiatan yang kami lakukan di Hari Bumi (HB) 2010 ini, selain menerima job sebagai pembicara-mangrove-tunggal di sebuah komunitas mahasiswa pecinta lingkungan Universitas Sultan Agung (UNISSULA) Semarang dan menyepi di kantor kecil kami, sembari melakukan syukuran sederhana seraya berdoa kepadaNya, semoga mangrove di bumi ini semakin lestari. Penyepian KeSEMaTER di HB ini, bukan tanpa arti, kami memang sengaja rehat di setiap HB karena setiap hari kami telah memperingati HB dan Hari-hari Besar Lingkungan Lainnya (HBL2), dengan cara bekerja, bekerja dan bekerja demi mangrove dan bumi ini. Beragam program mangrove telah kami luncurkan setiap bulan, sepanjang tahun, demi menjaga pesisir bumi ini dari “kepunahan”. Maka, memang tidak ada peringatan yang spesial di HB dan HBL2 selain menyepi dan merenung dan mendoakan kelestarian mangrove di bumi pertiwi, ini.

Sebagai informasi, MANGROVE RESTORATION (MANGRES), KeSEMaT Goes To Community (KGTC), KeSEMaT Goes To Arboretum (KGTA), MANGROVE CULTIVATION (MC), MANGROVE REpLaNT (MR) dan bermacam program mangrove lainnya, adalah contoh program mangrove beragam konsep yang secara berturut-turut kami adakan mulai Januari sampai dengan April ini, di setiap bulannya, sepanjang tahun. Maka, tak peduli dengan adanya HB atau HBL2, kami tetap saja “nekat” bekerja, beraktivitas dan berkarya demi penyelamatan mangrove di peisisir, bumi.

Lihatlah foto di atas, ini. Foto ini adalah refleksi kegembiraan kami, sesaat setelah melakukan perenungan dan doa bersama, di bawah remangan sinar bulan yang kala itu agak malu menampakkan mukanya. Suasana teras kantor kami yang lumayan “sempit,” tidak lantas menjadikan “peringatan” HB kami di malam itu, menjadi “kecil” dan tanpa arti. Justru, dengan menyepi tak beraktivitas seperti ini, kami berharap bumi ini bisa sedikit bernafas lega, di hari jadinya yang kesekian, tanpa terbebani dengan beragam aktivitas kita, yang tentunya akan semakin membuatnya menderita. Selamat hari bumi Kawan, dan selalu giat dan bersemangat dalam rangka menjaga dan melestarikan bumi kita ini, ya. Semangat MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s