Peserta MANGROVE CULTIVATION 2010 Berlatih Membibitkan Buah Mangrove di MECoK

Jepara – KeSEMaTWORDPRESS. Sesi Pelatihan Pembibitan Mangrove di MANGROVE CULTIVATION (MC) 2010, berupa praktek secara langsung membibitkan buah-buah mangrove berbagai jenis yang dipandu secara langsung oleh para Praktisi Mangrove KeSEMaT, adalah saat-saat yang menyenangkan bagi para Peserta MC 2010. Setelah mendapatkan beragam teori tentang teknik pembibitan dan rehabilitasi mangrove yang disampaikan selama dua hari pelaksanaan MC 2010 dalam seminar nasional dan pelatihan-pelatihan mangrove lainnya, yang memang jadwalnya sangat berjejalan, pada akhirnya tiba juga saat-saat “istirahat”, mengendorkan urat syaraf. Pelatihan pembibitan ini diselenggarakan di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) Teluk Awur, Jepara.

Pelatihan dimulai dengan pengarahan tentang teknis pembibitan tiga jenis mangrove, yaitu Bruguiera, Ceriops dan Rhizophora, oleh para Praktisi Mangrove KeSEMaT yang dipimpin langsung oleh Bapak Sapto Pamungkas (IKAMaT), yang kemudian dilanjutkan dengan praktek pembibitan propagul mangrove ke dalam polibek. Peserta pelatihan dibagi menjadi empat buah kelompok besar dengan masing-masing pendamping dari KeSEMaT. Buah mangrove yang telah dibibitkan, kemudian diletakkan ke dalam bedeng persemaian mangrove KeSEMaT, untuk disemaikan selama tiga bulan, dan akan mulai ditanam di program konservasi mangrove KeSEMaT lainnya, yang akan melibatkan ratusan peserta dari seluruh Indonesia, yaitu MANGROVE REpLaNT (MR) 2010, mendatang.

Pelatihan pembibitan buah mangrove MC 2010 ini berlangsung seru dan sangat menyenangkan, karena para Peserta MC 2010 bisa langsung mengajukan pertanyaan seputar teknik pembibitan mangrove, pun berinteraksi dengan para trainer mangrove dari KeSEMaT, yang memang telah memiliki banyak pengalaman di lapangan. Setelah semua buah mangrove selesai dibibitkan, para Peserta dan Panitia MC 2010 berfoto bersama dan melanjutkan kegitan berikutnya dengan prosesi Perang Lumpur (PL) yang merupakan tradisi di setiap pelaksanaan MC dan MR KeSEMaT. Semangat MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s