MANGROVE REpLaNT 2010, Mangrove For Livelihood!

Jepara – KeSEMaTWORDPRESS. Tema besar yang diusung oleh KeSEMaT, pada perhelatan akbar tahunannya MANGROVE REpLaNT (MR) 2010 : Seminar Nasional, Penyuluhan, Pelatihan, Pembibitan, Penanaman, Penyulaman dan Wisata Mangrove kali ini, adalah Mangrove for Livelihood (MFL). Tema ini sengaja digulirkan, mengingat sampai saat ini, masyarakat masih (saja) banyak yang menganggap bahwa mangrove hanyalah sebuah “tempat sampah” belaka dan jauh sekali dari pemikiran bahwa ekosistem ini sebenarnya adalah tempat matapencaharian, mereka. Dengan dikampanyekannya tema ini, maka KeSEMaT berharap akan tumbuhnya kesadaran dari para peserta dan semua pihak yang terlibat dalam MR 2010, agar sewaktu kembali ke daerahnya masing-masing, mereka bisa menularkan budaya kecintaan dan kepeduliaan tentang mangrove sebagai mata pencaharian masyarakat kepada komunitas dan lingkungan di sekitar, mereka.

Seperti konsep MR-MR sebelumnya, maka MR 2010 tetap mempertahankan tradisinya, yaitu lokasinya yang dipertahankan di Teluk Awur, Jepara. Walaupun memang sudah sempit sekali titik penananaman mangrove di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK), namun dengan menitikberatkan kepada pelatihan mangrove, maka aktivitas pembibitan, penanaman dan penyulaman mangrove yang akan dilaksanakan di MR 2010 akan dikonsep sebagai sebuah raw model yang akan coba ditularkan oleh KeSEMaT kepada para peserta dan semua pihak yang terlibat dalam MR 2010.

Selanjutnya, ada banyak kegiatan menarik di program konservasi mangrove yang mulai digaungkan oleh KeSEMaT semenjak tahun 2003, ini. Selain Seminar Nasional bertema MFL yang mendatangkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Kehutanan (KEMHUT), maka selama tiga hari pelaksanannya, yaitu 23 – 25 Juli 2010, para peserta MR 2010 akan diberikan beragam informasi, pengetahuan dan pelatihan mengenai : (1) teknik pembuatan bahan makanan dari buah-buah mangrove, (2) metode rehabilitasi mangrove mulai dari tahapan pembuatan bedeng, persemaian, pembibitan, penanaman dan penyulaman mangrove, dan tak lupa (3) wisata mangrove ke Pantai Kartini dan wisata belanja ke kerajinan ukir Jepara dan wisata rohani ke Masjid Agung Demak serta beragam aktivitas menarik lainnya, seperti (4) perang lumpur, (5) petualangan di lumpur dan pedalaman MECoK, (6) menikmati sunset di Pantai Teluk Awur Jepara dan lain sebagainya.

Bagi yang belum mendaftarkan dirinya, pendaftaran MR 2010 masih dibuka sampai dengan 6 Juli 2010 di Kantor KeSEMaT Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah dan di Jaringan KeSEMaTONLINE http://www.kesemat.undip.ac.id/. CP. Sdr. Oky Yuripa Pradana (085641748889) dan Sdr. Cahyadi Adhe K. (085691092678). Mari, buktikan jiwa konservasi mangrove kita. Kami tunggu partisipasi Anda, ya. Semangat MANGROVER!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s