Struktur dan Komposisi Vegetasi Mangrove di Kawasan Ujung Piring, Mlonggo Jepara

Teguh Yudana Yekti. Struktur dan Komposisi Vegetasi Mangrove di Kawasan Ujung Piring, Mlonggo Jepara.

Ditinjau dari fungsi dan peranannya, hutan mangrove merupakan sumber daya alam yang sangat potensial. Sebagaimana kawasan mangrove di Pulau Jawa, mangrove di Ujung Piring dalam hal pengelolaannya masih dijumpai beberapa permasalahan, antara lain pengalihfungsian hutan mangrove sebagai area tambak, pemukiman dan kepentingan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur dan komposisi vegetasi mangrove di kawasan mangrove Ujung Piring, Jepara.

Penelitian dilakukan di 3 lokasi di Ujung Piring, yaitu Jambu, Blebak dan Sekuro. Masing-masing lokasi dibagi menjadi 3 transek. Setiap transek dibuat sebuah plot menerus (Mueller-Dumbois dan Ellenberg, 1974) berukuran 20 m x 20 m sepanjang 100 m. Pada plot berukuran 20 m x 20 m, data pohon (q ³ 5 cm) diambil, sedangkan untuk data sapling ( 1 cm £ q £ 5 cm) diambil dalam subplot 5 m x 5 m dan data seedling (ketinggian £ 1 m) diambil dalam plot 1 m x 1 m.

Hasil penelitian menunjukkan ada 11 spesies mangrove yang masuk dalam 8 famili yang ditemukan di lokasi penelitian. Kerapatan pohon tertinggi di Jambu (1399 ind/ha) dan Rhizophora apiculata memiliki nilai penting tertinggi (129,2%). Untuk kategori sapling dan seedling, kerapatan tertinggi di Blebak (2687 ind/ha dan 1506 ind/ha) dan Ceriops tagal merupakan spesies dengan nilai penting tertinggi (139,73% dan 191,16%). Indeks Keanekaragaman (H’) dan Indeks Keseragaman (J’) tertinggi untuk kategori pohon di Sekuro (0,50 dan 0,43), untuk kategori sapling, H’ tertinggi di Jambu dan Blebak (0,55), sedangkan J’ tertinggi di Jambu (0,28), untuk kategori seedling, H’ tertinggi di sekuro (0,26) dan J’ tertinggi di Jambu (0,55). Diameter dan ketinggian di Jambu (6,50 cm dan 7,02 m), Blebak (5,96 cm dan 3,38 m) dan Sekuro (5,79 cm dan 2,78 m).

Kata kunci: struktur, komposisi, mangrove.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s