Struktur dan Komposisi Vegetasi Mangrove di Sungai Gandong, Sayung Demak

Muhammad Hanif. Struktur dan Komposisi Vegetasi Mangrove di Sungai Gandong, Sayung Demak.

Komunitas mangrove menempati area diantara darat dan laut yang memiliki kondisi lingkungan berbeda satu sama lain. Hal tersebut menarik untuk dipelajari khususnya mengenai struktur dan komposisinya.

Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2003 di Sungai Gandong, Kelurahan Surodadi, Kecamatan Sayung, Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur dan komposisi vegetasi mangrove di sekitar Sungai Gandong. Lokasi penelitian dibagi lima stasiun yang masing-masing terdiri dari tiga transek. Pada setiap stasiun dilakukan penarikan transek sepanjang 100 m yang pada ujungnya masing-masing diletakkan plot berukuran 10 m x 10 m. Data vegetasi yang diambil meliputi kerapatan, dominansi dan nilaipenting untuk masing-masing kategori pohon (dbh ³ 4 cm), sapling (1 cm £ dbh < 4 cm) dan seedling (tinggi < 1 m).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 spesies mangrove yang ditemukan dalam transek penelitian, yaitu Avicennia marina, Rhizophora mucronata dan Nypa fruticans. Rhizophora mucronata mendominasi pada semua stasiun penelitian dengan kisaran nilai penting untuk kategori pohon 53,84% – 200%. Kerapatan pohon tertinggi terdapat di Stasiun 2 (2.267 ind/ha) dan terendah terdapat di Stasiun 5 (733 ind/ha). Kerapatan dan nilai penting tertinggi kategori sapling ada pada Stasiun 2 yang ditunjukkan oleh Rhizophora mucronata (7600 ind/ha dan 200%). Kerapatan tertinggi kategori seedling terdapat pada Stasiun 3 (176.667 ind/ha) didominasi oleh Rhizophora mucronata dengan nilai penting 129,67%. Secara umum, Indeks Keanekaragaman di lokasi penelitian adalah rendah dan indeks keseragaman termasuk dalam kategori sedang hingga tinggi. Rata-rata diameter batang pohon adalah 10,3 cm, dan rata-rata ketinggian pohon di Gandong adalah 3,90 m. Jadi, secara umum kondisi komposisi vegetasi mangrove di Sungai Gandong, Demak didominasi oleh Rhizophora mucronata yang ditemukan menyebar di kelima stasiun penelitian.

Kata kunci: struktur, komposisi, mangrove, Demak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s