Studi Kelimpahan Zooplankton di Perairan Plawangan Barat dan Majingklak Segara Anakan Cilacap

Endy Nugroho. Studi Kelimpahan Zooplankton di Perairan Plawangan Barat dan Majingklak Segara Anakan Cilacap.

Segara Anakan merupakan suatu laguna semi tertutup yang terhalang oleh Pulau Nusakambangan dan dikelilingi oleh muara sungai dimana kondisinya secara terus menerus mengalami penurunan lingkungan. Kesuburan suatu perairan dapat dikaitkan dengan banyak sedikitnya kandungan plankton. Plankton dalam rantai makanan berada di posisi paling bawah dari suatu trofik level di dalam lingkungan perairan, maka plankton mempunyai peranan penting dalam ekosistem perairan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi jenis dan kelimpahan zooplankton di perairan Plawangan Barat dan Majingklak Segara Anakan Cilacap.

Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2004 di perairan Plawangan Barat dan Majingklak, Segara Anakan Cilacap. Identifikasi zooplankton dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2004 di Laboratorium Biologi Laut Kampus Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan eksploratif. Sedangkan untuk pengumpulan datanya dengan sample survey method yang dilakukan menggunakan plankton net ukuran 300 mm dengan sistem aktif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa di Plawangan Barat dan Majingklak ditemukan 36 genus yang tergolong dalam 5 kelas, yaitu Crustaceae (30 genus), Gastropoda (3 genus), Hydrozoa (1 genus), Polychaeta (1 genus) dan Upochordata (1  genus). Dengan perincian 34 genus ditemukan di Plawangan Barat dan 34 genus di Majingklak. Kelimpahan individu di Plawangan Barat berkisar 109,70 – 348,60 ind/m3 dan di Majingklak  berkisar 150,05 – 461,70 ind/m3. Indeks Keanekaragaman di Plawangan Barat berkisar antara 1,48 – 2,59 sedangkan di Majingklak berkisar antara 0,98 – 2,59. Indeks Keseragaman di Plawangan Barat berkisar antara 0,48 – 0,79 sedangkan di Majingklak berkisar antara 0,31 – 0,78. Indeks Dominansi di Plawangan Barat berkisar antara 0,11 – 0,38 sedangkan di Majingklak berkisar antara 0,10 – 0,66. Kisaran Indeks Kesamaan Komunitas antar bulan di Plawangan Barat 72,34 – 90,48 dan di Majingklak 66,67 – 93,02. Indeks Kesamaan Komunitas antara kedua lokasi pada bulan yang sama menunjukkan kisaran 85,00 – 97,78. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa genus zooplankton yang memiliki sebaran luas pada setiap lokasi adalah genus Paracalanus, Podon, Pseudocalanus, Larva Balanus an Temora.

Kata kunci: kelompahan, zooplankton, Plawangan Barat, Majingklak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s