Studi Kepadatan Perifiton pada Akar dan Batang Mangrove di Vegetasi Mangrove Muara Sungai Ijo Bodo Kebumen

Yusuf Fajariyanto. Studi Kepadatan Perifiton pada Akar dan Batang Mangrove di Vegetasi Mangrove Muara Sungai Ijo Bodo Kebumen.

Sistem perakaran mangrove menyediakan substrat untuk menempel bagi perifiton seperti diatom dan alga hijau biru. Perifiton mempunyai peranan yang sangat penting dalam jaring-jaring makanan di komunitas mangrove. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepadatan perifiton yang menempel pada akar dan batang mangrove di vegetasi mangrove muara Sungai Ijo Bodo Kebumen.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2004 – Mei 2005 di kawasan mangrove Sungai Ijo Bodo, Kebumen. Materi dalam penelitian ini adalah perifiton yang hidupnya menempel pada batang dan akar mangrove yang hidup di muara Sungai Ijo Bodo, Kebumen. Parameter lingkungan yang diukur sebagai data pendukung meliputi kandungan bahan organik sedimen, suhu, salinitas, oksigen terlarut, pH, nitrat dan fosfat dari masing-masing titik sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan studi kasus. Metode pengambilan sampel perifiton dalam vegetasi mangrove dilakukan dengan menggunakan metode survei contoh. Metode penentuan lokasi sampling menggunakan metode acak terstratifikasi. Karakteristik yang digunakan untuk membagi lokasi sampling adalah letak jauh dekatnya dari laut dan mempertimbangkan vegetasi mangrove yang berada pada lokasi penelitian. Daerah penelitian dibagi menjadi 3 stasiun, yaitu Stasiun 1, Stasiun 2 dan Stasiun 3. Masing-masing stasiun dibagi menjadi 3 sub stasiun yang kemudian dikelompokkan menjadi bagian atas dan bawah.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 45 genus  perifiton epifit yang termasuk dalam 6 kelas mikroflaura dan 2 kelas mikrofauna. Nitzschia (diatom) merupakan genus yang ditemukan di seluruh stasiun penelitian. Kepadatan perifiton berdasarkan waktu sampling selama bulan Agustus sampai Oktober berkisar abntara 1546,66 – 8774,66 ind/cm2 dengan kepadatan tertinggi terdapat pada bulan Agustus bagian bawah mangrove dengan nilai sebesar 8774,66 ind/cm2. Analisia statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan (P = 0,000) antara kepadatan perifiton pada tingkat waktu sampling. Kepadatan perifiton berdasarkan stasiun penelitian selama 3 periode sampling berkisar 186,56 – 4166,92 ind/cm2 dengan kepadatan tertinggi terdapat pada stasiun 2 bagian bawah pada bulan Agustus. Analisa stastistik menunjukkan perbedaan yang signifikan (P > 0,013) antara kepadatan perifiton pada tingkat stasiun.

Kata kunci: kepadatan, perifiton, mangrove.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s