Studi Pemangsaan Propagul Rhizophora stylosa Griff., Rhizophora mucronata Lamk., dan Avicennia alba Blume di Vegetasi Mangrove Desa Tanggul Tlare, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara

Ari Bangun Sutaji. Studi Pemangsaan Propagul Rhizophora stylosa Griff., Rhizophora mucronata Lamk., dan Avicennia alba Blume di Vegetasi Mangrove Desa Tanggul Tlare, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.

Kerusakan propagul mangrove seringkali menjadi sebab kegagalan propagul untuk tumbuh menjadi individu baru (seedling). Kerusakan akibat pemangsaan oleh predator dapat terjadi saat propagul masih tergantung pada pohon induk atau pra penyebaran (pre-dispersal) maupun setelah terlepas dan jatuh dari pohon induk atau paska -penyebaran (post-dispersal).

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2003 dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemangsaan propagul R. stylosa Griff., R. mucronata Lamk., dan A. alba Blume di Vegetasi Mangrove Desa Tanggul Tlare, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan eksperimental lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei sampling. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah propagul dari masing-masing spesies yang diteliti.

Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu Penelitian Tahap I tentang pemangsaan propagul pra-penyebaran dan Penelitian Tahap II merupakan penelitian eksperimental untuk mengetahui ada tidaknya hubungan anata dominasi spesies dengan tingkat pemangsaan propagul paska-penyebaran.

Tingkat pemangsaan propagul pra-penyebaran R. stylosa merupakan yang tertinggi dengan rata-rata 27,78% (kisaran 16,00% – 36,67%), disusul R. mucronata degan rata-rata 14,80% (6,42% – 23,81%) dan paling rendah A. alba dengan rata-rata 12,48% (8,57% – 16,14%). Selama 18 hari pengamatan tingkat pemangsaan propagul R. stylosa paska-penyebaran paling rendah di stasiun yang didominasi R. stylosa (41,65%) dibandingkan di stasiun yang didominasi R. mucronata (75,00%) dan A. alba (100%). Pemangsaan propagul R. mucronata juga paling rendah di stasiun yang didominasi R. stylosa (8,35%) dibandingkan di stasiun yang didominasi R. mucronata (35,00%) dan A. alba (88,35%). Pemangsaan propagul A. alba di stasiun yang didominasi R. stylosa dan R. mucronata (100%) sedikit lebih tinggi dibandingkan di stasiun yang didominasi A. alba (95,57%), hal ini menunjukkan bahwa teori “dominanance-predation” (Smith, 1987) terbukti pada spesies R. stylosa dan A. alba, tapi tidak pada R. mucronata.

Kata kunci: pemangsaan, propagul, pra-penyebaran, paska-penyebaran.

3 thoughts on “Studi Pemangsaan Propagul Rhizophora stylosa Griff., Rhizophora mucronata Lamk., dan Avicennia alba Blume di Vegetasi Mangrove Desa Tanggul Tlare, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara

  1. eka :

    bagaimana sih cara perhitungan tingkat pemangsaan propagul….metodenya pnelitiannya sperti apa…trima kasih

    Info lengkapnya bisa langsung ke kantor kami, Mas. Kami memiliki hard copy dari skripsi mengenai hal ini.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s