Efektivitas Pemberian Pupuk Organik bagi Pertumbuhan Semai Mangrove Rhizophora mucronata dan Ceriops decandra pada Persemaian di Teluk Awur Jepara

Muhammad Ikhsan Sri Hartadi. Efektivitas Pemberian Pupuk Organik bagi Pertumbuhan Semai Mangrove Rhizophora mucronata dan Ceriops decandra pada Persemaian di Teluk Awur Jepara.

Ekosistem mangrove memiliki peran yang penting bagi lingkungan pesisir. Pemanfaatan yang berlebihan mengakibatkan kerusakan pada ekosistem mangrove. Oleh karena itu, perlu digalakkan berbagai kegiatan rehabilitasi, salah satu tahapannya adalah masa persemaian. Rehabilitasi mangrove pada saat persemaian ada masa kritis seperi pemangsaan propagul oleh kepiting. Untuk memperpendek masa kritis tersebut, maka dicari upaya untuk mempercepat pertumbuhnnya. Salah satu alternatif yang mungkin bisa dilakukan adalah pemupukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik terhadap pertumbuhan semai mangrove Rhizophora mucronata dan Ceriops decandra pada persemaian.

Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2007 – Februari 2008 di Teluk Awur, Jepara. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental lapangan dengan rancangan petak terbagi. Perlakuan yang diberikan 2 macam pupuk organik (Pupuk organik A dan Pupuk Organik B) dengan 3 dosis (0,5 ml/l, 1 ml/l, dan 1,5 ml/l) dan 3 perlakuan waktu pemupukan (tiap 1 minggu, 2 minggu, dan 3 minggu) dengan 10 kali ulangan. Materi penelitian ini adalah propagul Rhizophora mucronata dan Ceriops decandra yang diberi perlakuan pemupukan, kemudian diamati pertumbuhannya selama 10 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan secara umum pertumbuhan semai dan penambahan luasan daun Rhizophora mucronata dan Ceriops decandra yang diberi perlakuan pemupukan berbeda nyata dengan kontrol (p0,05), meskipun antara kedua pupuk tersebut tidak berbeda nyata (p>0,05). Jadi dapat dikatakan bahwa perlakuan pemupukan cukup efektif bagi cepatnya pertumbuhan semai dan penambahan luasan daun pada masa penyemaian.

Kata kunci: mangrove, pupuk organik, pertumbuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s