Penelusuran Bahan Bioaktif Jamur Ganoderma sp dari Ekosistem Mangrove Sebagai Antijamur Terhadap Aspergillus flavus dan Candida albicans

Intan Rahmawati. Penelusuran Bahan Bioaktif Jamur Ganoderma sp dari Ekosistem Mangrove Sebagai Antijamur Terhadap Aspergillus flavus dan Candida albicans.

Ekosistem mangrove sering dianggap sebagai daerah kurang bermanfaat, kerap dirubah peruntukannya, namun sebenarnya banyak manfaat dari ekosistem mangrove mulai dari fisik, ekologi sampai sebagai sumber pangan dan obat. Salah satu jenis organisme yang ditemukan di ekosistem mangrove adalah jamur Ganoderma sp, Jamur ini telah digunakan sebagai obat herbal namun pengembangannya sebagai antijamur khususnya terhadap Aspergilus flavus dan Candida albicans belum banyak diketahui.

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri bahan bioaktif ekstrak jamur Ganoderma sp yang diambil dari ekosistem mangrove sebagai antijamur terhadap A. flavus dan C. albicans.

Penelitian dilaksanakan bulan Juni sampai November 2008 di Lab. Bioteknologi dan Eksplorasi Ilmu Kelautan UNDIP, Jepara. Pendugaan senyawa dianalisa di Lab. Kimia Organik – FMIPA UGM dengan teknik Gas Chromatography – Mass Spectometer (GC-MS). Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan sampel jamur Ganoderma sp, dan ekstrak yang dihasilkan diuji antijamur. Sensitivitas jamur diuji pada konsentrasi 100 µg/disk, 200 µg/disk, dan 400 µg/disk dengan metode difusi agar (Kirby-Bauer), sedangkan fraksinasi dilakukan dengan Kromatografi Kolom Terbuka (KKT) menggunakan etil asetat : n-heksan (5:1).

Hasil menunjukkan bahwa ekstrak jamur Ganoderma sp dan ketiga fraksi hasil KKT aktif menghambat pertumbuhan jamur C. albicans sedangkan pada A. flavus tidak. Diameter zona hambat yang terbentuk semakin besar seiring bertambahnya konsentrasi dan mengecil seiring lamanya masa inkubasi. Hasil identifikasi senyawa dengan teknik GC-MS diperoleh senyawa 2-(2-butoxyethoxy) Etanol, Asam Phthalat, Asam 1,2-Benzenedicarboxylat, Asam Palmitat, Asam Oleat dan 9-Octadecenal.

Kata Kunci : Antijamur, bioaktif, mangrove.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s