Uji Aktivitas Antibakteri Getah Kulit Batang Mangrove Excoecaria agallocha Terhadap Escherichia coli dan Staphylococcus aureus

Dian Puspitasari. Uji Aktivitas Antibakteri Getah Kulit Batang Mangrove Excoecaria agallocha Terhadap Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Getah merupakan alat pertahanan diri pada E. agallocha. Getah ini dikeluarkan sebagai respon terhadap lingkungan, seperti adanya luka pada bagian tubuhnya. Getah E. agallocha dapat dimanfaatkan racun ikan dan obat perut kembung, adanya manfaat ini tidak menutup kemungkinan adanya potensi lain, misalnya sebagai antibakteri.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai: (1) aktivitas antibakteri getang kulit batang E. agallocha dan (2) jenis metabolit sekunder pada getah kulit batang E. agallocha yang mempunyai aktivitas antibakteri.

Penelitian ini menggunakan metode experimental laboratories. Proses ekstrasi dilakukan dengan metode ektraksi cair-cair. Fraksinasi dilakukan dengan kromatografi kolom terbuka (KKT). Uji aktivitas antibakteri dilakukan menggunakan metode difusi agar menurut Kirby-Bauer.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksi 2 dari ekstrak dengan pelarut n-heksana merupakan fraksi aktif yang menghambat pertumbuhan bakteri E. coli (8,350,15) mm dan S. aureus (9,780,12) mm. Analisis fotokimia menunjukkan bahwa fraksi 2 mengandung senyawa golongan terpenoid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas antibakteri terbesar ditunjukkan oleh penghambatan bakteri S. aureus.

Kata kunci: getah E. agallocha, aktivitas antibakteri, senyawa antibakteri.

 

2 thoughts on “Uji Aktivitas Antibakteri Getah Kulit Batang Mangrove Excoecaria agallocha Terhadap Escherichia coli dan Staphylococcus aureus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s