Struktur Komunitas Zooplankton di Perairan Pulau Sambangan Kepulauan Karimunjawa Jepara

Shulhan Abidin. Struktur Komunitas Zooplankton di Perairan Pulau Sambangan Kepulauan Karimunjawa Jepara.

Zooplankton merupakan biota yang hidup di mintakat pelagik dan mengapung, menghanyut dan sebagian zooplankton berenang sangat lemah, artinya tidak mampu melawan arus. Pergerakan zooplankton secara horizontal dipengaruhi fenomena perairan, seperti pasang surut, gelombang dan arus. Pergerakan secara vertikal dipengaruhi oleh faktor makanan, intensitas cahaya dan kualitas perairan. Zooplankton mencakup sejumlah besar biota di perairan, baik ditinjau dari jumlah jenisnya dan kelimpahan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan distribusi zooplankton yang terdapat di perairan Pulau Sambangan Kepulauan Karimunjawa Jepara. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai keadaan perairan Pulau Sambangan khususnya mengenai kondisi zooplankton.

Penelitian dilakukan pada bulan September – Oktober 2003 di perairan Pulau Sambangan Kepulauan Karimunjawa Jepara. Sedangkan analisis dilakukan di Laboratorium Biologi Kampus Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Studi kasus digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian dilakukan terhadap suatu kasus secara mendalam yang hanya berlaku pada waktu dan populasi tertentu sehingga memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi secara lokal dan hasilnya tidak dapat digeneralisasikan pada tempat dan waku yang berbeda.

Hasil penelitian menunjukkan, indeks keanekaragaman pada saat pasang berkisar antara 1,84 – 1,96 sedangkan pada saat surut berkisar antara 1,85 – 2,02. Indeks keseragaman pada saat pasang berkisar antara 0,77 – 0,82 sedangkan pada saat surut berkisar antara 0,77 – 0,84. Indeks didominasi pada saat pasang berkisar antara 0,18 – 0,23 sedangkan pada saat surut berkisar antara 0,16 – 0,23.

Kata kunci: struktur komunitas, zooplankton, indeks keanekaragaman, indeks keseragaman, indeks dominasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s